BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan bisnis saat ini dibandingkan
dengan lima atau sepuluh tahun yang lalu,sangat berbeda.Dimana era globalisasi
saat ini, Persaingan di dunia bisnis menjadi sangat ketat. Itu semua dapat
dilihat dari banyaknya perusahaan baru yang bermunculan.
Oleh
karena itu, perusahaan harus bisa beradaptasi terhadap perkambangan yang sedang
terjadi saat ini. Di dalam dunia bisnis saat ini, perusahaan-perusahaan sudah
berdiri berdampingan, semakin ketatnya persaingan dari perusahaan sejenis serta
bertambahnya pendatang – pendatang baru kedalam bisnis yang sama
Karena
itulah PT. Lion wings yang bergerak dibidang produksi kesehatan ,perawatan
tubuh berencana untuk menerapkan strategi dengan pelayanan terhadap pelanggan
yang prima dan menekan biaya produksi se efesien dan se efektif mungkin untuk
memenangkan pasar, di dirikan tahun 1891, Lion.co berkomitmen untuk memenuhi
kebutuhan setiap orang dan memperkaya kehidupan setiap orang dimanapun,inovasi
produk untuk menawarkan nilai maksimal mengantisipasi aspirasi dari
konsumennya, produk lion meliputi produk rumah tangga,personal care, serta
makanan dan minuman semua produk ini memiliki tingkat merek yang tinggi dan
pangsa pasar yang besar, lion sendiri mempunyai sejarah yang panjang di
asia,bekerja sama dengan wings.co salah satu pemain besar di pasar Indonesia
Untuk
Produk yang sama kemudian lion.co membentuk PT.Lionindojaya pada tahun 1981
sejak itulah lionindojaya mulai memperkuat kapasitas manufakturnya dan
pemasarannya untuk memenuhi permintaan konsumen
B.
Perumusan Masalah
Untuk
membatasi kajian dalam makalah ini, maka perlu sekiranya dirumuskan masalah
yang menjadi pokok bahasan. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.
bagaimana cara PT.wings.co membangun pangsa pasarnya.?
2. Apa
saja produk-produk yang ditawarkan serta.?
3.
Bagaimana analisis proses bisnis nya?
BAB II
PEMBAHASAN
SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN PT WINGS FOOD
Wings
corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh
terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil
menjadi pemimpin pasar yang memperkerjakan ribuan orang dengan pabrik berlokasi
di Jakarta dan Surabaya.
Tujuan
dari Wings Corporation adalah memproduksi produk-produk kualitas Internasional
dengan harga ekonomis. Produksi pertama adalah dengan pembuatan sabun cuci
hijau buatan tangan. Dengan produk ini, Wings berhasil menembus pasar
kompetitif pada akhir tahun 1940-an.
Setelah
itu Wings memperkenalkan produk baru yaitu krim deterjen dan produk pembersih
lainnya dan saluran distribusi yang didirikan di seluruh Indonesia. Beberapa
dekade berikutnya melihat Wings terus memperluas lini produk untuk berbagai
rumah tangga dan produk perawatan pribadi.
Wings
juga memperluas jaringan distribusi selama periode ini, ke titik di mana produk
yang tersedia di hampir setiap kota dan desa di setiap provinsi negara itu,
situasi yang ada sampai hari ini. Wings saat ini memproduksi dan menjual
ratusan SKU rumah tangga dan produk perawatan pribadi, dan baru-baru memperluas
lini produknya termasuk minuman dan mie instan.
Hari
ini, Wings diakui sebagai produsen lokal terkemuka dan distributor rumah tangga
dan produk perawatan pribadi. Menjadi sebuah kelompok bisnis yang dinamis dan
beragam, Wings masih didedikasikan untuk visi awal perusahaan konsumen dengan
menyediakan rumah tangga dan produk perawatan pribadi kualitas tanpa kompromi.
PERKEMBANGAN PERUSAHAAN
Agar
bisa menjadi pemain global, Grup Wings harus terus meluaskan pasarnya
ke negara yang penduduknya banyak seperti Amerika Latin, India dan Cina. Juga,
membangun merek dan tim pemasaran yang hebat di luar negeri.
Di
industri toiletris Tanah Air, ada tiga pemain besar yang merangsek dan
menguasai pasar: Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan Wings. Pemain
yang disebut pertama dan kedua adalah perusahaan multinasional. Pemain ketiga
adalah pemain lokal yang mampu bertengger di puncak dan menandingi raksasa
toiletris dunia. Dengan bendera PT Sayap Mas Utama, PT Wings Surya dan PT
Lioninda Jaya, puluhan produk keluaran kelompok usaha yang bermarkas di Kota
Buaya ini, sudah sangat familier di tengah masyarakat. Sebut saja detergen
Wings, Giv, Nuvo, Ciptadent, Kodomo, Mama Lemon, So Klin, Daia, Smile Up, dan
masih banyak lagi produk toiletris lainnya.
Hampir
semua produk toiletris Wings menempel ketat produk sejenis milik raksasa
Unilever. Sekadar menyebut contoh: Nuvo dengan Lifebuoy, So Klin dengan Rinso,
So Klin Pewangi dengan Molto, Sunlight dengan Mama Lemon. Di mata Handito
Joewono, Chief Strategy Consultant Arrbey, produk toiletris
Wings memang terbukti memiliki posisi yang cukup kuat di pasar. Wings cukup
mampu menghadapi pemain asing seperti Unilever. “Menjadi nomor satu atau dua,”
ungkapnya.
Kedigdayaan
Wings tak hanya di ranah toiletris yang mampu membuat raksasa toiletris dunia
Unilever ketar-ketir. Di industri makanan pun, raksasa Indofood dibuat kalang
kabut dengan kehadiran Mie Sedaap yang diluncurkan Wings pada April 2003. Hanya
dalam tempo setahun, Mie Sedaap berhasil “mencuri” 12% pangsa pasar Indofood.
Meski tidak ada data angka, pertumbuhan Mie Sedaap terus melejit. Hal ini
terlihat dari penambahan mesin dan kapasitas produksi di dua pabrik Gresik dan
Bekasi. Tak pelak, Indofood yang selama ini melenggang sendirian tertohok dan
secara agresif langsung meluncurkan tiga merek tandingan: Mie Sayaaap, Sarimi
dan SuperMi Sedaaap. Selain merangsek pasar dengan Mie Sedaap, Grup Wings
juga membombardir pasar dengan produk minuman Jas-Jus dan Ale-Ale. Kedua produk
ini terlihat cukup mengkilap di pasar.
Tak
hanya berjaya di bisnis toiletris dan makanan. Kelompok usaha yang dibangun
oleh duet Johanes Ferdinand Katuari dan Harjo Sutanto pada 1948 ini telah
menggurita ke berbagai sektor. Kelapa sawit, perbankan, bahan bangunan, kimia,
dan properti pun dirambahnya. Di bisnis properti, Grup Wings memiliki sejumlah
proyek perumahan prestisius, sebut saja Raffles Hill di Cibubur yang diambil
alih dari PT Gunung Subur Sentosa karena kesulitan likuiditas saat krismon
1998. Di Surabaya, Grup Wings membangun perumahan Nirwana Executive, Palem
Indah, dan Palem Indah Permai.
Properti
ritel komersial juga dilirik. Bergandengan dengan raksasa rokok Grup Djarum,
mereka membesut Pulau Gadung Trade Center lewat bendera PT Nagaraja Lestari.
Tak hanya di proyek tersebut kolaborasi dua raksasa itu, kabarnya di proyek
Superblok Grand Indonesia Jakarta pun, Grup Wings punya andil cukup besar.
Boleh jadi kolaborasi ini dipicu karena mereka menjalin hubungan besan. Masih
di bisnis properti, Grup Wings juga mengibarkan Apartemen Patra Maisonette di
Jakarta.
Di
bisnis bahan bangunan, Grup Wings mengembangkan keramik lantai dengan merek
Milan (Milan Ceramics) sejak tahun 1989. Selain memproduksi Milan, di bawah PT
Adyabuana Persada juga mengembangkan merek Hercules. Selain itu, bergandengan
dengan Siam Cement (Thailand) sejak 1997 Grup Wings masuk ke bisnis papan
gipsum dan plester gipsum. Menggunakan bendera PT Siam-Indo Gypsum Industry,
merek yang dikembangkan adalah Elephant. Masih bermitra dengan Siam Cement,
lewat PT Siam-Indo Concrete Product, Wings memproduksi bahan semen fiber untuk
pengatapan. Selain itu, Wings pun merambah bisnis genteng keramik clay dengan
merek M-Class.
Di
sektor keuangan, Grup Wings masuk ke bisnis sekuritas dengan mengakuisisi PT
UOB Kay Hian Securities pada 1994. Tahun 2001, Wings kembali mengibarkan
perusahaan sekuritas dengan bendera Ekokapital Sekuritas. Di sektor keuangan,
Wings juga mengibarkan Bank Ekonomi. Tahun lalu, 98,96% saham Bank Ekonomi
dijual ke HSBC dengan nilai sekitar Rp 7 triliun.
Dengan
gurita bisnis tersebut, diperkirakan total kekayaan Grup Wings mencapai
Rp 13 triliun. Dan, sejak 2006, keluarga Katuari sudah masuk 10 besar
pengusaha terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Menurut
Handito, meski masuk ke berbagai ranah bisnis, Grup Wings masih akan fokus pada
dua bisnis utamanya: toiletris dan makanan.“Mereka memiliki komitmen yang
sangat besar dalam membesarkan kedua bisnis tersebut. Dan hasilnya cukup
terlihat, di mana Wings cukup mampu menghadapi pemain-pemain asing seperti
Unilever,” Handito menegaskan. Menurut Handito, penting
bagi Grup Wings terus memperhatikan dua pilar yang telah
melambungkan perusahaan yang berawal dari home industry menjadi
raksasa bisnis ini. Grup Wings tidak boleh kehilangan konsentrasinya dalam
mengembangkan dua pilar bisnis yang memiliki banyak
ragam jenisproduk. “Bagaimanapun Wings adalah salah satu raja
toiletris dan calon raja makanan,” ungkapnya.
Dalam
pengamatannya, saat ini posisi produk makanan Wings memang belum
sebesar produk toiletrisnya. Bukan berarti, Wings tidak mampu
membesarkan usaha makanannya itu. Ia melihat dalam lima tahun
terakhir ini Wings memang terlihat berusaha membesarkan usaha makanannya hingga
mampu menjadi ancaman bagi para pesaing yang telah ada sebelumnya. Lihat
saja gebrakannya lewat Mie Sedaap yang membuat Indofood kebakaran jenggot
karena pangsa pasar Indomie tergerus.
Senada
Handito, pengamat pemasaran Yadi Budhisetiawan dari ForceOne juga
menilai keunggulan Grup Wings memang pada bisnis fast moving
consumer goods (FMCG) yang menjadi bisnis
inti Grup Wings. Ia menilai pertumbuhan grup ini sangat
fenomenal. “Pertumbuhannya bisa sampai 20% per tahun. Itu sangat
fenomenal karena jika dihitung inflasi saja 6%, bisa tiga kali lipat dari
inflasi,” ujarnya.
Ia
melihat ada tiga faktor yang melatarbelakangi kesuksesan di bidang ini.
Pertama, Wings menghasilkan produk yang terjangkau masyarakat luas. Kedua, kuat
dalam jaringan distribusi sehingga ketika meluncurkan produk baru lebih
mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan dalam. Ketiga, menguasai
industri oleochemical sehingga industri toiletris bisa
dikuasai.
Kekuatan
Grup Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya.
Wings memang sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam
mengarap industri. Pola ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu
menguasai industri hulu sebelum menggarap hilirnya. Nah, di industri hulu yang
menjadi kekuatannya, Grup Wings menjadi produsen alkylbenzene –
bahan baku utama detergen – terbesar di Asia Pasifik lewat PT Unggul Indah
Cahaya. Dengan kapasitas terpasang lebih dari 200 ribu metrik ton per tahun,
perusahaan ini memasok Wings dan sejumlah produsen lokal, serta melempar ke
negara ASEAN, Eropa, Amerika Serikat dan Australia.
Masih
di industri hulu, Grup Wings bergandengan dengan Grup Djarum dan Grup Lautan
Luas membeli Ecogreen Oleochemical dari Grup Salim. Ecogreen adalah
produsenoleochemical terbesar di dunia dengan kapasitas produksi
lebih dari 100 ribu metrik ton per tahun. Oleochemical adalah
bahan baku industri perawatan tubuh, sabun, detergen, makanan, plastik,
farmasi, dan berbagai industri lain. Produksi Ecogreen, 95% diekspor dengan
pasar utama negara Asia (50%) seperti Jepang, Cina dan Korea; Eropa (20%); dan
AS (20%).
Sejatinya,
tak hanya produk Ecogreen yang diekspor. Produk toiletris dan makanan juga
mendapat respons cukup bagus di pasar mancanegara. Menurut pengamatan Yadi,
produk toiletris Grup Wings sampai ke pasar Afrika. Ia mengatakan, untuk
pasar global memang Grup Wings belum bisa disejajarkan dengan pemain
seperti Unilever karena masih tumbuh di pasar negara developing dan underdeveloping.
Namun, untuk masuk ke pasar negara berkembang ini upaya Wings
dengan penetrasi produk detergennya cukup brilian karena masuk dengan
ukuran kecil, ½ kg dan 1 kg. Bandingkan dengan produsen asal AS atau
Eropa yang mengemas produk detergennya berukuran 3-5 kg.
Untuk
bisa menjadi pemain global dan bisa disejajarkan dengan perusahaan sekelas
Unilever, Yadi menyarankan agar Grup Wings terus
meluaskan pasarnya ke negara berkembang yang jumlah penduduknya banyak
seperti Amerika latin, India, termasuk ke
Cina. Sementara Handito menyarankan agar Grup
Wings membangun merek dan tim pemasaran di luar negeri untuk lebih
bisa menggarap pasar luar. Ia menandaskan, jaringan distribusi ke luar negeri
perlu diperkuat. “Saya harapkan Grup Wings bisa jadi
seperti P&G-nya Indonesia,” katanya.
Menurut
A.B. Susanto, Managing Partner The Jakarta Consultant Group,
kelompok usaha yang sekarang dimotori generasi kedua Katuari ini
sudah menunjukkan eksistensinya di pasar regional. “Beberapa
produknya diekspor ke beberapa negara,” imbuhnya. Untuk menjadi pemain global,
menurutnya, harus mempunyai visi yang diikuti dengan perencanaan strategi
perusahaan yang bagus. Dari rekam jejak perjalanan Grup Wings, kelompok
usaha ini dijalankan dengan visi dan konsep yang jelas.
Menurut
Yadi, Grup Wings yang tumbuh dari bisnis keluarga ini unik sekali karena
melibatkan semua keluarga, sampai om, tante,
dan keponakan pun dilibatkan. “Mereka bisa kompak bekerja menumbuhkan
perusahaan,” katanya. Berbagai kalangan memang menilai meski perusahaan
keluarga, Wings sangat solid. Meski menguasai kepemilikan, di beberapa
perusahaan keluarga Katuari tak selalu menjadi pucuk pimpinan. Sejauh ini
Handito menilai, keluarga Katuari men-treat bisnisnya dengan
profesional. Mereka juga banyak menggunakan tenaga profesional di perusahaan.
“Dan hasilnya terlihat dari pencapaian mereka sejauh ini,” ujarnya.
STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN
Yang dimaksud dengan
struktur organisasi adalah suatu susunan dengan hubungan antar bagian dalam
organisasi maka para karyawan dapat mengetahui dengan jelas tugas, wewenang,
dan tanggung jawab mereka sehingga dapat terjalin kerjasama yang efektif dan
efisien untuk mencapai tugas perusahaan.
Keterangan
di bawah ini merupakan tugas dari struktur organisasi Wings :
1.
Pemasaran dan sales penjualan
a.Mengidentifikasikan
target pasar dan pesaing potensial, mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan.
b. Pengembangan
produk terintegrasi strategis untuk setiap merek dan menciptakan identifikasi
merek.
c.Menganalisis
tren pasar dan menyiapkan srategi pemasaran yang tepat untuk target pasar,
menjual produk Wings.
d.Mampu
mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, membantu
pelanggan dalan pemasaran produk.
e Mengidentifikasaikan peluang usaha dan berkomunikasi kepada pelanggan.
f Mengembangkan
kerjasama dengan pelanggan sehingga dapat memperluas bisnis dan menghasilkan
keuntungan maksimal baik kepada pelanggan dan perusahaan.
2.
Produksi dan Enginering
Untuk
bertanggung jawab dalam menjaga proses produksi untuk mencapai target produksi
dengan tetap berkonsentrasi pada kualitas barang, peralatan, pemeliharaan, dan
efesiensi penggunaan bahan baku.
3.
Finance dan Accounting
a
Harus mengerti administrasi, akuntansi dan konsep-konsep keuangan
b
Pengorganisasian AP & AR Pemantauan arus kas dan pengoptimalkan keuntungan
jangka panjang
c
Menganalisis data akuntansi, mengidentifikasi masalah dan merencanakan
perbaikan sistem
d
Bekerja sama dengan penjualan, pemasaran dan logistik Departemen, serta
departemen lain
4. Logistik
a
Melibatkan Purchasing, Supply Chain Management, dan distribusi departemen
b
Memahami pembelian dan memilih mengevaluasi pemasok, memelihara hubungan
dengan pemasok sehingga dapat meningkatkan kelancaran dan efisiensi perusahaan
c
Pemahaman yyang jelas tentang konsep manajemen lantai suplay dan teknik, mampu
berfikir strategis dan taktis
d
Tingkat tinggi pemecahan masalah keterampilan dan kemampuan komunikasi
5.
Teknologi
Informasi
a
Mampu memiliki TI yang baik
b
Mampu tur jaringan dan berurusan dengan masalah yang timbul dilapangan
c
Harus mengatur perangkat keras, memiliki pengetahuan tentang pemprograman yang
solid dan analisis sistem yang mampu memberikan solusi untuk masalah
d
Mampu mengembangkan dan memelihara komunikasi canggih dan sistem informasi juga
mampu bekerja dengan departemen lain
6. Sumber Daya Manusia
a
Berkomitmen utuk pengembangan sumber daya manusia dan organisasi sehingga dapat
meningkan efisiensi dan produktivitas bisnis dan nilai terus meningkat baik
untuk perusahaan dan karyawan
b
Harus memiliki pemahaman mendalam dan penguasaan sumber daya manusia, rekrutmen
dan pelatihan strategi, serta kompensasi dan tunjangan
7.
Riset dan Pengembangan
a
Harus memiliki latar belakang yang solid dan penguasaan kimia dan penelitiaan
b
Mampu mengembangkan produk yang ada sesuai dengan tren pasar
c
Bertanggung jawab untuk memilih dan menerapkan standar penerimaan bahan baku
dan perencanaan proses yang efisien mampu memproduksi barang berkualitas tinggi
d
Mampu merancang kemasan yang tepat sesuai dengan fungsi
e
Berkolaborasi dengan pemasaran, produksi, logistik, dan departemen lainnya
PRODUK-PRODUK PERUSAHAAN
Sampai saat ini Wings
telah memproduksi dan memasarkan lebih dari 40 produk. Dalam memasarkan
produk-produk, perusahaan membagi dalam tiga divisi yaitu :
- Produk rumah tangga antara
lain Wings biru, Ekonomi, Daia, So klin power, Boom, So Klin Softener, So
Klin Lantai Cleaner, Wings Porcelin Cleaner, Mama Lime, dan lain-lain.
- Personal Care antara lain
Ciptadent, Kodomo, dan Smile Up, Give, Nuvo, Page One, Emeron, Page One
Botanical Shampo, Hers dan lain-lain
- Makanan dan Minuman antara
lain Jas-Jus, Segar Dingin, Mie Sedaap, Kecap Sedaap dan lain-lain
STRATEGI PEMASARAN DAN
PENGENDALIAN MUTU
Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok
mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan
bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain, intinya, yaitu : kebutuhan,
keinginan dan permintaan,nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan
hubungan, pasar dan pemasar. Tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami
pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan
sendirinya. Proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan
memilih pasar sasaran, merancang pemasaran, merancang program pemasaran,
dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran. Strategi
pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :
1. Faktor mikro, yaitu
perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor
makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan
sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan
penjual (4 P) adalah tempat yang strategis (place), produk yang bermutu
(product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion).
Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan
pelanggan (customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer),
kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan
konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya
(“total Customer Statisfaction”)
a.KonsepPemasaran
- .Kebutuhan,Keinginan dan PermintaanAda perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan.
- Produk adalah sesuatu yang
dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan.
Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada
jasa yang dapat diberikannya.
- Nilai,BiayadanKepuasan
Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi. - Pertukaran, Transaksi dan
Hubungan
Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis dan sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajarsecarakesinambungan.
- Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk. - Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasar adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Konsep Pemasaran Berwawasan Produk
Pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu,
kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat
produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.
A
Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual
Pelanggan
dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah cukup
sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini
beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan harus didorong supaya membeli.
Konsep Pemasaran Berwawasan
Pemasaran
Kunci
untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan
pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif
dan efisien daripada saingannya. Konsep berwawasan pemasaran bersandar pada
empat pilar utama, yaitu
1.pasar sasaran,
2. kebutuhan pelanggan,
3. pemasaran yang terkoordinir
serta
4. Keuntungan.
Konsep
ini telah dinyatakan dalam banyak cara :
•
Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
•
Temukan keinginan dan penuhilah
•
Cintailah pelanggan bukan produknya
•
Dapatkanlah sesuai kesukaan anda
• Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu dan
kepuasan tertinggi bagi uang pelanggan.
Konsep
Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat
Konsep
ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhkan, keinginan
serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih
efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan
kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. Konsep pemasaran bermasyarakat meminta
pemasar untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam menentukan kebijaksanaan
pemasaran, yaitu
1. keuntungan industri jangka
pendek,
2. kepuasan pelanggan jangka
panjang dan
3. kepentingan umum dalam
pengambilan keputusan.
Kepuasan Pelanggan Sepenuhnya
(Total Customer Satisfaction)
Kepuasan adalah tingkat perasaan
seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan
dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara
kinerja yang dirasakan dengan harapan.
Kepuasan pelanggan sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga taraf, yaitu:
1. Memenuhi kebutuhan-kebutuhan
dasar pelanggan,
2. Memenuhi harapan pelanggan
dengan cara yang dapat membuat mereka akan kembali lagi.
3. Melakukan lebih daripada apa
yang diharapkan pelanggan.
Dari
ketiga taraf diatas, keberhasilan dapat dicapai apabila sudah mencapai
ketaraf 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Setiap
orang di Industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskannya. Ini yang
pertama-tama harus disadari setiap karyawan. Langkah pertama dalam usaha
memuaskan pelanggan adalah menentukan dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan.
SDM/CARA PENGREKRUTAN KARYAWAN
Formulir Aplikasi
Semua
aplikasi harus melalui bagian aplikasi di website Wings. Beberapa poin yang
harus dipertimbangkan antara lain:
Test Aptitude Online
Jika
aplikasi Anda berhasil Anda akan diminta untuk menyelesaikan test Aptitude
untuk bisa melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya.
Alokasikan 1 jam bagi Anda untuk
menyelesaikan tes tersebut.
Assessmen oleh Manager Fungsional
Jika
Anda berhasil melewati Aptitude test, Anda akan diundang ke kantor kami untuk di
evaluasi secara langsung oleh Manajer Fungsional kami.
Assessment Center
Ini merupakan langkah akhir dari
evaluasi , dilaksanakan pada bulan Juni 2012.
Satu hari kegiatan ini akan
termasuk :
- Diskusi kelompok
- Presentasi
- Wawancara mendalam
Beberapa
dari kegiatan ini didesain sesuai dengan studi kasus bisnis terkait yang
memungkinkan kami melihat potensi Anda sekaligus memberikan gambaran bagaimana
bekerja di Wings.
Meskipun
studi kasusnya terkait dengan isu bisnis, namun Anda tidak harus memiliki
pengetahun bisnis yang komprehensif untuk bisa menyelesaikannya, Anda harus
bisa menggunakan kemampuan berfikir secara logis dan lateral, gunakan
pengalaman Anda dan kemampuan interpersonal.
Penawaran
Pengumuman hasil dari proses
tersebut 24 jam sejak proses assessment Anda.
Jika Anda berhasil, anda akan
ditawarkan untuk menempati salah satu posisi di fungsi
KESIMPULAN
Berdasarkan
artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dan pengendalian
mutu Wings Group telah sesuai dengan prosedur yang ada dan dapat dikatakan
sukses, karena pertama Wings menghasilkan produk yang terjangkau masyarakat
luas. Kedua, kuat dalam jaringan distribusisehingga ketika meluncurkan produk
baru lebih mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan dalam. Ketiga, menguasai
industri oleochemical sehingga industri toiletris bisa
dikuasai.
Kekuatan
Grup Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya.
Wings memang sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam
menggarap industri. Pola ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu
menguasai industri hulu sebelum menggarap hilirnya. Di industri hulu
yang menjadi kekuatannya, Grup Wings menjadi produsen alkylbenzene –
bahan baku utama detergen – terbesar di Asia Pasifik lewat PT Unggul
Indah Cahaya. Dengan kapasitas terpasang lebih dari 200 ribu metrik ton per
tahun, perusahaan ini memasok Wings dan sejumlah produsen lokal, serta melempar
ke negara ASEAN, Eropa, Amerika Serikat dan Australia. Untuk menjadi pemain
global, Wings Group harus mempunyai visi yang diikuti dengan
perencanaan strategi perusahaan yang bagus. Dari rekam jejak perjalanan
Grup Wings, kelompok usaha ini dijalankan dengan visi dan konsep yang jelas.
PRODUK-PRODUK PT
WINGS.CO
PRODUK
RUMAH TANGGA
CLING GLASS CLEANER
Cairan
pembersih kaca yang mengandung Spt Prevention Formula (SPF) yang melindungi
permukaan kaca dari jamur/spot. Hadir dengan 3 kesegaran :
1. Apel
2. Lemon
3. Udara Segar
So Klin Pembersih Lantai
Cairan
Pembersih lantai dengan formula yang mampu membunuh kuman dan wangi Aroma
Therapy. Lantai jadi lebih berkilau, bebas dari bakteri, dan ruangan pun
jadi wangi menyenangkan.
Hadir
dengan 6 varian :
1. Relaxing - Rose Bouquet
2. Relaxing - Floral lavender
3. Energizing - Citrus lemon
4. Energizing - Fruity Apple
5. Refreshing - Ice Pine
6. Refreshing - Marine Min
SUPERSOL
Karbol kental dengan
aroma pine yang menyegarkan, harga yang ekonomis, dan mempunyai daya kerja
ampuh untuk membersihkan serta membunuh kuman pada lantai dan kamar mandi.
Dapat pula dipakai untuk menghilangkan bau kamar mandi, WC, got atau bak sampah
dll. Terdiri dari 2 variants :
1. Regular - Pine
2. Lemont Mint
WPC Porcelain Cleaner
Berfungsi untuk menghilangkan noda permukaan porselen,
keramik, mosaik, atau sejenisnya tanpa merusak warna/ motif pada permukaan-nya.
Kegunaan lainnya adalah untuk membersihkan dapur, lantai, dinding kamar mandi
atau hiasan keramik dari endapan kotoran yang mengerak atau suram akibat
kandungan Kalsium, Magnesium &
Besi yang tinggi dalam air. Hadir dengan 2 varian :
1. Extra Kuat - untuk noda membandel
2. Extra Fresh - untuk pemelihaan
sehari-hari
WPC
Pembersih Toilet
WPC Pembersih Toilet berfungsi untuk membersihkan
kerak, lumut dan noda air di dalam kloset, bisa digunakan untuk WC duduk dan
jongkok.
So Klin Fresly
Fabric Odor Absorber / penghilang bau tidak sedap pada
semua bahan kain, sekaligus membunuh kuman penyebab kembalinya bau. Dengan
Formula Plasma Cluster yang bekerja aktif menyerap bau tidak sedap sehingga
pakaian maupun kain selalu segar dan wangi. Tersedia dalam wangi Powdery yang
ringan, bisa di gunakan juga untuk menghilangkan bau tak sedap pada ruangan.
·
Dengan
Plasma Cluster efektif Menghilangkan Bau pada bahan / kain dan pada ruangan
berbeda dengan pengharum ruangan yg hanya menutupi bau dgn perfume.
·
Keharuman
yang lembut dan ringan namun tetap menyegarkan
WINGS
Cream detergent untuk segala jenis
noda/ kotoran. Terdapat 2 varian :
1. Wings Biru - MULTI PURPOSE untuk
segala jenis noda. Parfum bunga.
2.
Wings
Putih -
dengan White Molecule membersihkan noda pada kain dan membuat
yang putih menjadi lebih putih dan bersinar. Parfum fresh floral.
Ekonomi
Ekonomi is pioneer
brand for excellent quality cream detergent. It can clean and remove any kind
of stains. Terdapat 3 varian :
1. Regular - dengan Spot
Removing Active ampuh menghilangkan noda pada pakaian. Parfum Bunga.
2. Lemon - dengan Oil
removing Active yang ampuh menghilangkan noda minyak pada perabotan
dapur dan perabotan rumah. Parfum Lemon.
3. Putih - dengan Bright Active yang
membuat pakaian/ kain putih tetap cerah dan cemerlang. Parfum Fresh.
DAIA
Deterjen bubuk
dengan busa melimpah yang ampuh membersihkan noda, memberikan sensasi wangi di
pakaian, dan lembut di tangan. Terdapat 3 varian :
1.
Daia Putih - membuat pakaian putih tetap putih dan pakaian berwarna tetap
cemerlang. Parfum Fresh.
2.
Daia Bunga - Parfum Floral/ Bunga
3.
Daia Lemon - Pafum Lemon
Daia +
Softener - membersihkan dan sekaligus melembutkan pakaian. Solusi praktis
dan ekonomis dari Daia.
So Klin Smart
Powder detergent
premium dengan bahan active tertinggi yang mampu membersihkan segala macam
noda/ kotoran. Mengandung Anti-bacterial Agent yang membunuh 99% bakteri
sehingga cucian tidak apek. Terdapat 2 varian :
1.
Smart Color - dengan "Active Color Booster", diutamakan untuk
pakaian berwarna. Smart color membantu menjaga warna tetap cemerlang dan tidak
pudar.
2.
Smart White - dengan "Oxyclean Technology" yang menggunakan
bantuan oksigen sehingga proses pencucian dan penghilangan noda/ kotoran dapat
dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.
So Klin Softergent
SoKlin
Softergent mengkombinasikan keampuhan So Klin Detergent dengan kelembutan
Softener. Softergent mampu membersihkan noda sekaligus melembutkan
kain/pakaian. So Klin Softergent memberikan solusi ekonomis dan praktis.
Terdapat 2 varian :
1. Pink - Soft Floral Fragrance
2. Blue - Fresh Floral Fruity
Fragrance
So Klin Higinis Putih
Satu-satunya
detergent yang mampu membersihkan segala noda, menjaga warna tetap cemerlang,
dan juga MEMBUNUH 99% KUMAN penyebab bau tidak sedap pada
pakaian.
So
Klin Higinis Putih mengandung :
·
Brightening
Agent - menjaga
warna tetap cemerlang
·
ANTI
KUMAN (TCC & TRICLOSAN) -
membunuh 99% kuman
·
White
Fresh - membuat
pakaian wangi lebih lama
So
Klin Pro
Heavy duty
detergent dengan "MAGNET SERAP NODA" yang mampu
membersihkan noda sampai serta terkecil. So Klin pro dengan formula Clean and
Care juga merawat serat kain dan melindungi warna tetap cerah.
So Klin Biomatic
Detergent bubuk
khusus mesin cuci yang memberikan "8 perlindungan" dalam 1
sentuhan.
1. Enzyme - membersihkan noda ke serat kain
2. Anti Re-deposition - mengikat kotoran agar tidak
menempel kembali
3. Color Guard - efektif melindungi warna, pakaian tetap
cemerlang
4. Non-Ionic Tenside - tidak menyebabkan iritasi &
alergi
5. Concentrate Formula - mencuci lebih banyak, bahkan di
suhu rendah
6. Low Foam - menjaga mesin cuci anda lebih awet
7. Bright activator - menjadikan pakaian tampak baru
& cerah
Terdapat 2 varian :
1.
Top Load
2.
Front Load
So Klin Liquid
Produk
terbaru dari SO KLIN, detergent dalam bentuk cair. Lebih praktis digunakan,
mudah larut dalam air dan lebih mudah menyerap ke serat kain sehingga
membersihkan lebih optimal. So Klin Liquid hadir dengan 7 keunggulan :
1. Concentrate formula - Membersihkan dengan mudah &
cepat
2. Formula anti bakteri - Tidak bau meskipun direndam lama
3. Cairan mudah meresap ke serat kain
4. Tidak meninggalkan residu pada pakaian
5. Wangi tahan lama
6. Menjaga warna pakaian agar tetap cemerlang
7. Lembut, tidak panas di tangan
So Klin Softener Regular
Berfungsi
untuk melembutkan sekaligus mengharumkan pakaian. Dengan PERFUME
BOOSTER TECHNOLOGY yaitu butiran ajaib yang mengikat keharuman pada
serat kain, So Klin Softener memberika kesegaran yang lebih tahan lama. Hadir
dengan 6 kesegaran :
1. Pink - Cherry Blossom
2. Blue - Calm Desire
3. Orange - Happy Sunshine
4. Violet - Fantasy Flower
5. Fine - dengan milk Extract untuk
sensitive skin (delicate perfume)
6. Avocado Extract - dengan Dry Comfort &
Vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit dan menghasilkan baju yang lebih nyaman
dipakai.
So Klin Softener
Sebagai bentuk
peduli terhadap lingkungan, So Klin Softener hadir dengan produk baru yang
lebih ramah terhadap lingkungan. So Klin Softener merupakan formula softener
konsetrat yang hemat air, menghilangkan busa detergent hanya dengan sekali
bilas. "HEMAT TENAGA, HEMAT WAKTU, HEMAT AIR". Dengan MICRO
PERFUME & TOUCH ACTIVATED TECHNOLOGY menyebarkan wangi yang
berbeda-beda pada setiap sentuhan. hadir dalam 4 varian kesegaran :
1.
Pink - Magic Pink
2.
Blue - Magic Blue
3.
Twilight
Blue - Flowery Blue
4.
Twilight
Purple - Glamorous Purple
So Klin Pewangi
Berfungsi mengharumkan, sekaligus melembutkan pakaian. Kadar perfume pada
So Klin Pewangi lebih banyak dari pelembutnya, namun tetap cukup melembutkan.
Pewangi merupakan produk alternative dari Softener, dengan harga yang lebih
ekonomis. Hadir dalam 4 kesegaran :
1. PeEnergic Peach
2. ViExotic Purple
3. Romantic Pink
4. Relaxing Blue
5.
|
So Klin Pewangi Concentrate -
1x Bilas
Produk
ini juga merupakan bentuk peduli So Klin Pewangi terhadap lingkungan, dengan
menghadirkan produk yang dapat menghemat konsumsi air. So Klin Pewangi
Concentrate - 1x Bilas, merupakan pewangi konsentrat yang hemat air. Cukup 1x
Bilas mampu hilangkan busa detergent pada pakaian. Dengan 2x Perfume,
memberikan kesegaran yang tahan lebih lama. hadir dalam 2 variant :
1. Pink - Shocking Pink
2. Blue - Royal Blu
So Klin
Rapika
Produk
pelicin pakaian dengan fungsi lengkap. Selain membuat pakaian rapi, melicinkan
pakaian, dan tidak menimbulkan bercak pada pakaian, So Klin Rapika
mengandung formula anti jamur dan penyegar pakaian yang
efektif mencegah timbulnya jamur pada pakaian yang disimpan di lemari. So Klin
Rapika jadikan pakaian lebih awet, harum, rapi, dan higienis. Hadir dalam 4
kesegaran :
1. Sweet Pink
2. Ocean Fresh
3. Lovely lavender
4. Cool Blue
5. Tropical Dance
So Klin Rapika Biang
Pelicin pakaian konsentrat yang Praktis dan hemat,
cukup Rp.500 ( 10 ml dicampur dgn air sampai 100 Ml ) dengan keharuman menawan
yang tahan lama hingga 7 hari ; Cool Blue, Lovely lavender, sweet Pink.
Tersedia juga kemasan refill siap pakai untuk konsumen yang mencari kepraktisan
cukup tuang dalam botol kosong Rapika dan siap di gunakan.dengan Rapika Biang
...Pakaian Rapi dan wangi selalu.
·
Formula
konsentrat sehingga lebih hemat dan menjadikan pakaian lebih licin,Rapi
dan wangi tahan lama
·
Membantu
melembutkan pakaian hingga keserat kain
·
Memberikan
keharuman segar yang tahan lama hingga 7 Hari
·
Membantu
menghilangkan kerutan pada kain tanpa di setrika
So Klin Pemutih
Produk
untuk memutihkan pakaian & membersihkan noda pada pakaian. So Klin Pemutih
dapat juga digunakan untuk membunuh kuman dan sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada lantai, kamar
mandi dan dapur. Terdapat 3 variant :
1. Regular
2. Apel
3. Lemon
PRODUK PERSONAL CARE
Pasta gigi CIPTADENT
|
Pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E
memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan
gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email
gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian
gigi hingga ke akarnya. Dan vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi.
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.
Dan dua pilihan varian: Cool mint dan Fresh mint
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.
Dan dua pilihan varian: Cool mint dan Fresh mint
Pasta gigi FLUORDENT
|
Pasta gigi dengan Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan
perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Fluoride ganda melindungi bagian
dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh
bagian gigi hingga ke akarnya. Dan vitamin E memperlancar peredaran darah di
gusi.
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 30g, 75g, dan 125g.
Dan dua pilihan varian: Extra Cool dan Extra Fresh
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 30g, 75g, dan 125g.
Dan dua pilihan varian: Extra Cool dan Extra Fresh
Pasta gigi SMILE UP
|
Adalah pasta gigi dalam bentuk gel dengan biogenic formula, Fluoride ganda,
White-max, dan mouthwash.
Biogenic:
efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut
Fluoride ganda:
kombinasi antara Sodium Fluoride (NaF) dan Sodium Monofluorophosphate (MFP), bekerja effektif untuk melindungi bagian dalam email gigi, akar gigi, dan bagian luar gusi.
White-max (Silica):
menjadikan gigi extra putih, extra bersih
Mouthwash:
penyegar mulut untuk nafas lebih segar.
Tersedia dalam dua ukuran: 65g dan 105g
Dan tiga variant: Coolmint mouthwash, Freshmint mouthwash, and Strongmint mouthwash
Biogenic:
efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut
Fluoride ganda:
kombinasi antara Sodium Fluoride (NaF) dan Sodium Monofluorophosphate (MFP), bekerja effektif untuk melindungi bagian dalam email gigi, akar gigi, dan bagian luar gusi.
White-max (Silica):
menjadikan gigi extra putih, extra bersih
Mouthwash:
penyegar mulut untuk nafas lebih segar.
Tersedia dalam dua ukuran: 65g dan 105g
Dan tiga variant: Coolmint mouthwash, Freshmint mouthwash, and Strongmint mouthwash
Pasta gigi ZACT
|
Pasta gigi dengan formula khusus untuk para pecinta
rokok (smokers/merah) dan pecinta kopi/teh (stain fighter/hijau). Rokok, kopi,
atau pun teh dapat meninggalkan noda pada gigi, yang mengakibatkan gigi
berwarna kuning. Tentu saja ini mengganggu penampilan Anda. Formula khusus ZACT
akan membantu Anda mengatasi masalah ini. Selain itu ZACT juga mengandung
fluoride yang mencegah gigi berlubang. Flavor khususnya memberi Anda nafas
segar.
Tersedia dalam kemasan tube 90g
Tersedia dalam kemasan tube 90g
Sikat gigi CIPTADENT
|
Sikat gigi yang dirancang untuk memberi hasil maksimal. Dengan bulu sikat
yang lembut dengan ujung bulu bulat, efektif membersihkan gigi, tidak merusak
email gigi, dan aman bagi gusi. Kepala sikat dirancang sesuai dengan kebutuhan
Anda. Full Head bagi mereka yang memerlukan kepala sikat yang besar, dan
Diamond Head untuk memudahkan pencapaian daerah gigi yang sulit dijangkau.
Leher sikat yang melengkung, untuk menjangkau gigi dan gusi paling belakang,
dan lentur untuk meredam tekanan pada gigi dan gusi.
Sikat gigi SMILE UP
|
Sikat gigi
SMILE UP i yang dirancang khusus
untuk mereka yang berjiwa muda. Dengan desain yang atraktif dan dibuat dari
bahan-bahan pilihan.
Penampang bulu sikat ‘Diamond Action’ telah terbukti secara klinis lebih efektif dalam menjangkau sela gigi dan membersihkan plak.
Kepala sikat oval pipih mampu menjangkau gigi di bagian mulut terdalam.
Leher sikat lentur mengikuti alur gigi.
Pegangan terbuat dari bahan khusus anti slip yang memungkinkan sikat dipegang dengan nyaman dan mantap.
Penampang bulu sikat ‘Diamond Action’ telah terbukti secara klinis lebih efektif dalam menjangkau sela gigi dan membersihkan plak.
Kepala sikat oval pipih mampu menjangkau gigi di bagian mulut terdalam.
Leher sikat lentur mengikuti alur gigi.
Pegangan terbuat dari bahan khusus anti slip yang memungkinkan sikat dipegang dengan nyaman dan mantap.
Sikat gigi SYSTEMA
|
Sikat gigi premium dengan bulu khusus yang super lembut, fleksibel, dan
meruncing pada ujungnya yang dapat membersihkan gigi lebih efektif, menjangkau
lebih dalam ke sela-sela gigi dan kantung gusi, menghilangkan plak, mengurangi
karies dan mencegah radang gusi. Sikat gigi terbaik yang pernah ada.
PERHATIAN: Anda tidak akan mau menggunakan sikat gigi yang lain, bila telah mencoba sikat gigi SYSTEMA
PERHATIAN: Anda tidak akan mau menggunakan sikat gigi yang lain, bila telah mencoba sikat gigi SYSTEMA
Shampoo KODOMO
|
Adalah
shampoo anak-anak dengan keharuman buah segar. Berbentuk busa yang praktis dan
asik, serta tidak pedih di mata. Mengandung pro Vit B5 dan conditioner ringan.
Menjadikan rambut tumbuh sehat, lembut, dan indah berkilau. Tersedia dalam
kemasan botol 180ml dan refill pouch 180ml, dengan dua keharuman menawan:
strawberry dan orange
Sabun
mandi KODOMO
|
Sabun mandi berbentuk busa, praktis,
dan membuat anak-anak lebih senang mandi. Mengandung PH balance yang sesuai
untuk kulit lembut. Dengan keharuman buah segarnya, menjadikan kulit bersih,
lembut, dan harum. Tersedia dalam kemasan botol 180ml dan refill pouch 180ml,
dengan dua keharuman menawan: strawberry dan orange
Pasta gigi
KODOMO
|
Adalah pasta gigi yang dibuat khusus
untuk anak-anak. Mengandung fluoride* sehingga effektif mencegah kerusakan
gigi. Tersedia dalam 4 pilihan rasa yang disukai anak-anak: strawberry, Jeruk,
Anggur, dan Fruity Mix. Flavor khas KODOMO akan merangsang anak untuk gemar
menggosok gigi sejak dini. Dikemas dalam tube ukuran 50g
*0,8% Sodium Monofluorophosphate
*0,8% Sodium Monofluorophosphate
Sikat gigi KODOMO
|
Didesign khusus untuk anak-anak. Dengan panjang gagang
yang disesuaikan, bagian pergelangan yang menarik dengan bahan yang tidak
licin, sehingga mantap dan nyaman dipegang. Ujung bulu sikat berbentuk bulat
dan lembut, cocok untuk gigi dan gusi anak dalam masa pertumbuhan. Tersedia
dalam dua pilihan: reguler soft dan soft zig-zag
EMERON SHAMPO
Triplecare |
Emeron shampoo formula
baru dengan Triplecare, suatu kombinasi dari Pro Vitamin B5, Ethyl Panthenol,
dan Glycine, membuat rambut menjadi lembut, sehat dan indah.
Tersedia dalam 5 (lima) pilihan ukuran yaitu, sachet 6ml, botol 50ml, botol 100ml, botol 200ml, dan botol 300ml. Di mana masing-masing ukuran memiliki 5 (lima) varian:
a. Urang Aring
b. Lida Buaya
c. Sari Mawar
d. Ginseng & Madu
e. Anti Ketombe
Zat aktif:
• Makro mulekul Silikonnya akan melapisi setiap helai rambut, menjadikan rambut halus, bebas rusak, dan mudah diatur
• Betainnya akan mencegah iritasi dan gatal-gatal pada kulit kepala serta membuat rambut menjadi lembut seperti rambut bayi
• Pro-Vitamin B5 yang berfungsi untuk:
o Memperkuat akar rambut
o Mengurangi rambut rontok
o Mencegah rambut patah
o Mengurangi rambut kusut
o Membuat rambut mengembang
o Mencegah kerusakan rambut akibat pemakaian hair dryer
• Ethyl Panthenol yang berfungsi untuk:
o Mencegah kerusakan rambut akiba pemakaian hair dryer
o Menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala
o Menguatkan akar rambut
• Glycine yang berfungsi sebagai:
o Menguatkan helai rambut
o Mengandung Amino Acid yang berfungsi untuk membentuk pelindung rambut
Ekstrak
Di samping ingredient dasar di atas, Emeron shampoo mengandung ekstrak tertentu yang berbeda dari satu varian ke varian yang lain
a. Urang Aring (Hitam)
Menyuburkan dan menghitamkan rambut sehingga tampak indah dan bercahaya
b. Lida Buaya (Hijau)
Melindungi rambut dari sinar ultra violet, melembabkan rambut, dan memberi efek dingin pada rambut
Menyuburkan rambut
Menambah vitalitas dan kekuatan rambut
c. Sari Mawar (Merah)
Memberi efek dingin, melembabkan, dan melembutkan rambut
Memperbaiki tekstur dari rambut yang kering dan rusak
d. Ginseng dan Madu (Kuning)
Ginseng: menguatkan rambut
Madu: menambah elastisitas rambut dan mencegah kerontokan
e. Anti Ketombe (Putih)
Dengan ZPT dan Octopirok mengurangi dan bahkan menghilangkan ketombe
Tersedia dalam 5 (lima) pilihan ukuran yaitu, sachet 6ml, botol 50ml, botol 100ml, botol 200ml, dan botol 300ml. Di mana masing-masing ukuran memiliki 5 (lima) varian:
a. Urang Aring
b. Lida Buaya
c. Sari Mawar
d. Ginseng & Madu
e. Anti Ketombe
Zat aktif:
• Makro mulekul Silikonnya akan melapisi setiap helai rambut, menjadikan rambut halus, bebas rusak, dan mudah diatur
• Betainnya akan mencegah iritasi dan gatal-gatal pada kulit kepala serta membuat rambut menjadi lembut seperti rambut bayi
• Pro-Vitamin B5 yang berfungsi untuk:
o Memperkuat akar rambut
o Mengurangi rambut rontok
o Mencegah rambut patah
o Mengurangi rambut kusut
o Membuat rambut mengembang
o Mencegah kerusakan rambut akibat pemakaian hair dryer
• Ethyl Panthenol yang berfungsi untuk:
o Mencegah kerusakan rambut akiba pemakaian hair dryer
o Menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala
o Menguatkan akar rambut
• Glycine yang berfungsi sebagai:
o Menguatkan helai rambut
o Mengandung Amino Acid yang berfungsi untuk membentuk pelindung rambut
Ekstrak
Di samping ingredient dasar di atas, Emeron shampoo mengandung ekstrak tertentu yang berbeda dari satu varian ke varian yang lain
a. Urang Aring (Hitam)
Menyuburkan dan menghitamkan rambut sehingga tampak indah dan bercahaya
b. Lida Buaya (Hijau)
Melindungi rambut dari sinar ultra violet, melembabkan rambut, dan memberi efek dingin pada rambut
Menyuburkan rambut
Menambah vitalitas dan kekuatan rambut
c. Sari Mawar (Merah)
Memberi efek dingin, melembabkan, dan melembutkan rambut
Memperbaiki tekstur dari rambut yang kering dan rusak
d. Ginseng dan Madu (Kuning)
Ginseng: menguatkan rambut
Madu: menambah elastisitas rambut dan mencegah kerontokan
e. Anti Ketombe (Putih)
Dengan ZPT dan Octopirok mengurangi dan bahkan menghilangkan ketombe
Variant:
Milky Moisturizing (Purple) Botanical Milky Moisturizing mengandung 99% bahan alami, diperkaya dengan Milk protein dan essence bunga Fressia membuat anda lebih harum dan percaya diri. Kulit jadi lebih putih, halus dan bercahaya. Milk Protein memberikan nutrisi pada kulit dan melembabkan kulit kering. Busanya melimpah sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit. Mild Relaxing (Biru) Botanical Mild Relaxing mengandung 99% bahan alami, diperkaya dengan Vitamin E dan essence bunga Jasmine membuat anda lebih segar, nyaman dan tenang. Kulit jadi lebih lembut, halus dan harum. Vitamin E efektif meremajakan, menghaluskan dan melembutkan kulit. Busanya melimpah, sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit. Deo Energizing (Merah) Botanical deo Energizing mengandung 99% bahan alami diperkaya dengan Triclosan 0.2% dan essence bunga Rose membuat anda lebih energik dan percaya diri. Kulit jadi lebih bersih, halus, segar dan harum. Triclosan efektif mencegah bau badan dan membersihkan kotoran secara seksama. Busanya melimpah, sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit.
Variant :
Page One Botanical Facial Cleanser Refreshing Botanical Refreshing mengandung 99% bahan alami efektif membersihkan debu, kotoran dan minyak yang menempel pada wajah serta mengatur kelembaban kulit wajah. Kulit wajah anda menjadi lebih lembut, halus, bersih dan cantik alami Vitamin E menjaga keseimbangan kadar minyak juga membantu proses peremajaan pada kulit dan essence bunga Jasmine yang lembut dan menyegarkan kulit wajah. Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari. Page One Botanical Facial Cleanser Scrubbing Botanical Scrubbing mengandung 99% bahan alami dengan butiran-butiran halus (Granula) efektif membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Kulit wajah anda menjadi lebih bersih dan halus. Vitamin E menjaga keseimbangan kadar minyak juga membantu proses peremajaan pada kulit dan essence bunga Fressia yang lembut dan menyegarkan kulit wajah. Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari. Page One Botanical Facial Cleanser Anti Acne Botanical Anti Acne mengandung 99% bahan alami dan Triclosan formula anti bacteria dan anti jerawat. Kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus dan bebas jerawat. Triclosan 0.3% efektif untuk mencegah timbulnya jerawat dan essence bunga Rose yang lembut dan menyegarkan kulit wajah. Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari.
Variant:
Page One Botanical Shampoo Volumizing (Purple) untuk rambut berminyak Botanical Volumizing mengandung 99% bahan alami, diperkaya Pro Vit. B5, UV filters dan essence bunga Fressia dengan PH Balance. Botanical Volumizing membuat rambut mengembang, membantu mengurangi kerontokan dan melindungi warna rambut dari sengatan sinar matahari. Rambut jadi ringan, kuat dan indah berkilau. Page One Botanical Shampoo Nourishing (Biru) untuk rambut kering Botanical Nourishing mengandung 99% bahan alami diperkaya Pro Vit. B5, UV filters dan essence bunga Jasmine dengan PH Balance. Botanical Nourishing mengembalikan kemilau rambut, mengurangi kekusutan rambut dan melindungi warna rambut dari sengatan sinar matahari. Rambut jadi mudah diatur, lembut, sehat dan bercahaya. Page One Botanical Shampoo Balancing (Merah) untuk rambut normal Botanical Balancing mengandung 99% bahan alami, diperkaya Pro Vit B5, UV filters dan essence bunga Rose dengan PH Balance. Botanical Balancing memberikan nutrisi pada setiap helai rambut, menguatkan akar rambut dan melindungi rambut dari sengatan sinar matahari. Rambut jadi lembut, sehat dan semakin kemilau. |
|||||
Losion anti nyamuk dengan sari bunga Lavender
memberikan perlindungan efektif terhadap gigitan nyamuk dan tahan lebih lama.
Lembut, harum dan tidak lengket.
Variant: Lavenda Losion Anti Nyamuk dengan Vitamin E dan Moisturizer Mengandung: - Vitamin E untuk mempertahankan keremajaan kulit - Moisturizer untuk menjaga kelembutan dan kelembaban kulit agar tidak kering. Lavenda Losion Anti Nyamuk dengan Vitamin E dan Menthol Mengandung: - Vitamin E untuk mempertahankan keremajaan kulit - Menthol agar kulit terasa lebih sejuk. |
PRODUK MAKANAN DAN
MINUMAN
Mie Sedaap
Mie Sedaap mie instan yang halus,
kenyal dan tegas untuk gigitan, dan memberikan rasa yang lezat dan rasa.
Satu-satunya mie yang 22000 bersertifikat ISO. Mie Sedaap diproduksi dan
diproses dalam kondisi higienis di bawah pengawasan ketat dari para ahli. Mie
Sedaap Goreng Mie dimasak dengan bawang goreng renyah untuk itu rasa gurih. Mie
Sedaap Soto rasa dimasak dengan bumbu lengkap, dan rasa segar kapur. Mie Sedaap
Ayam khusus terbuat dari kaldu ayam nyata. Mie Sedaap Khusus Curry datang
dengan saus kari khusus. Ada 7 varian: Goreng (91 gr), Sambal Goreng (88 gr),
Soto (75 gr), Ayam Bawang (70 gr), Kari Ayam (72 gr), Ayam Spesial (69 gr), Kari
Spesial (75 gr)
Mie Sedaap CUP
Mi Sedaap adalah salah satu merek
mie instan terkemuka . Mi Sedaap telah diterima secara luas karena ground
breaking pendekatan selera yang baik dan terkenal dengan mie kenyal dan yang
" kriuk kriuk - " crunchyness bawang goreng. Sekarang , Mi Sedaap
tersedia dalam kemasan cup untuk melayani gaya hidup yang sibuk dan membawa
bersama-sama saat bepergian .
Mi
Sedaap Goreng Mie Cup ( 83gr ) - kualitas
indah Familiar Mie Sedaap rentang dengan selera yang baik utamanya dan mie
kenyal yang melayani Anda mengagumkan kenikmatan makan dengan renyah kriuk
kriuk terkenal bawang goreng.
Mi
Sedaap Soto Mie Cup ( 77gr ) - Soto sup rasa rasa
asal Indonesia dengan rempah-rempah alami dan daun jeruk nipis yang
meningkatkan rasa sup dengan mulut segar merasa. Rasa soto juga dilengkapi
dengan sayuran dan Bal - Bal daging vegetarian kenyal ( terbuat dari kacang
kedelai nutrisinya ) yang melayani Anda asupan makanan seimbang .
Mi
Sedaap Mie Baso Piala Khusus ( 72gr ) - Special
Baso juga dikenal sebagai bakso , terbuat dari bahan kualitas yang baik &
kedelai nutrisinya . Sup bakso dengan mie kenyal melayani terkenal memberi Anda
sensasi ganda menyenangkan rasa kenikmatan.
Kecap Sedaap
Sedaap kecap manis menggunakan alami, kacang kedelai
berkualitas tinggi yang menjalani fermentasi alami dan proses tiga filtrasi,
dan dikemas dalam kondisi bersih dan hygenic
Jas Jus
JasJus adalah rasa buah minuman
bubuk instan yang menawarkan berbagai rasa menarik. Ini berisi aroma buah segar
dan kaya akan vitamin C. Hal ini Terkandung dalam kemasan kedap udara untuk
menjaga kualitas dan rasa segar. Tersedia dalam 9 rasa:
jeruk
jeruk nipis
melon
Strawbery
mangga
jambu biji
sirsak
Lime-Melon
Orange-Mango
Segar Dingin
Segar Dingin adalah suplemen yang meningkatkan
sistem kekebalan tubuh dan mengandung 1000mg vitamin C, Madu, Alang-alang, dan
Lime Mint Ekstrak. Ini memiliki 1000mg vitamin C yang memperkuat sistem
kekebalan tubuh dan mengurangi gejala panas seperti sariawan dan bibir
pecah-pecah. Lime and Mint Extract yang dapat meredakan sakit tenggorokan, dan
Alang-alang yang mengurangi gejala panas
TEA JUS
Teajus adalah minuman teh bubuk
yang memiliki aroma segar dan santai. Dapat disajikan baik panas atau dingin,
dan kemasan yang kedap udara untuk menjaga kualitas dan rasa. Tersedia dalam 4
rasa: Lump Gula, Lemon, Apple, Jasmine
Jus susu
Milkjus
adalah susu bubuk minuman yang
datang dalam berbagai rasa buah. Ini memiliki susu rasa buah aromatik, butiran
yang menjaga kesegaran, dan terkandung dalam kemasan kedap udara untuk menjaga
kualitas dan rasa. Tersedia dalam 8 rasa: Chocolate, Strawbery, Melon, Mango,
Grape, Green Tea, Moccacino & Cappucino.
Teh
Rio
Minuman teh dalam kemasan cup,
terbuat dari daun teh pilihan dan gula asli. Sehingga kesegaran teh-nya alami.
Mengandung zat polifenol yang kaya anti oksidant yang menangkal radikal bebas.
ALE ALE
Minuman buah segar
dalam kemasan cup. Mengandung 500mg Vitamin C dan 100% gula asli. Hadir dengan
3 rasa :
1.
Jeruk
2.
Strawberry
3.
Apel Fuji
Floridina
Florida
Orange menjadi komoditas jeruk dengan tingkat konsumsi terbesar karena
kandungan vitamin, nutrisi, dan mineralnya termasuk yang paling lengkap. Selain
itu, berkat tumbuh di daerah dengan suhu dan lingkungan paling tepat, maka
Florida Orange rasa dan kualitasnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia.
Di tempat asalnya—Florida—jeruk ini mempunyai keunikan. Yakni, Florida Orange
hanya dipetik saat benar-benar masak di pohon. Sehingga, ketika dipanen, semua
kandungan terbaiknya sudah benar-benar maksimal berada dalam setiap buah jeruk.
Dan, karena tumbuh pada suhu dingin yang tepat, rasa manis dan segarnya juga
lebih maksimal. FLORIDINA, minuman dengan bulir buah utuh dan asli Florida
Orange pertama di Indonesia.
Power F
POWER F adalah minuman energi yang dapat menjadi pilihan untuk
menjaga stamina dan memaksimalkan tenaga. Dengan kandungan ginseng dalam
setiap takaran sajinya, POWER F mampu membuat tubuh makin bertenaga sehingga
dapat mengoptimalisasi energi dalam tubuh untuk menghasilkan kekuatan yang
maksimal. Selain kandungan ginseng yang dapat meningkatkan kekuatan, POWER F
juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B3, B 6, B12 dan B 2-5 Phosphat yang
berguna bagi tubuh dan berfungsi mengubah zat karbohidrat dalam makanan
menjadi energi.
|
TOP
Coffee
Perpaduan sempurna
kopi Robusta dan Arabica pilihan menghasilkan cita rasa tinggi. Dengan gula
asli. Rasa Kopinya mantap. Top Kopi hadir dengan 4 varian :
1.
Kopi Hitam
2.
Kopi Gula
3.
Kopi Susu
4.
Kopi Mocca
Posting Komentar