BAB I
PENDAHULUAN
    A.    LATAR BELAKANG

Perkembangan bisnis saat ini dibandingkan dengan lima atau sepuluh tahun yang lalu,sangat berbeda.Dimana era globalisasi saat ini, Persaingan di dunia bisnis menjadi sangat ketat. Itu semua dapat dilihat dari banyaknya perusahaan baru yang bermunculan.

            Oleh karena itu, perusahaan harus bisa beradaptasi terhadap perkambangan yang sedang terjadi saat ini. Di dalam dunia bisnis saat ini, perusahaan-perusahaan sudah berdiri berdampingan, semakin ketatnya persaingan dari perusahaan sejenis serta bertambahnya pendatang – pendatang baru kedalam bisnis yang sama

            Karena itulah PT. Lion wings yang bergerak dibidang produksi kesehatan ,perawatan tubuh berencana untuk menerapkan strategi dengan pelayanan terhadap pelanggan yang prima dan menekan biaya produksi se efesien dan se efektif mungkin untuk memenangkan pasar, di dirikan tahun 1891, Lion.co berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan setiap orang dan memperkaya kehidupan setiap orang dimanapun,inovasi produk untuk menawarkan nilai maksimal mengantisipasi aspirasi dari konsumennya, produk lion meliputi produk rumah tangga,personal care, serta makanan dan minuman semua produk ini memiliki tingkat merek yang tinggi dan pangsa pasar yang besar, lion sendiri mempunyai sejarah yang panjang di asia,bekerja sama dengan wings.co salah satu pemain besar di pasar Indonesia

            Untuk Produk yang sama kemudian lion.co membentuk PT.Lionindojaya pada tahun 1981 sejak itulah lionindojaya mulai memperkuat kapasitas manufakturnya dan pemasarannya untuk memenuhi permintaan konsumen

B.     Perumusan Masalah

Untuk membatasi kajian dalam makalah ini, maka perlu sekiranya dirumuskan masalah yang menjadi pokok bahasan. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. bagaimana cara PT.wings.co membangun pangsa pasarnya.?
2. Apa saja produk-produk yang ditawarkan serta.?
3. Bagaimana analisis proses bisnis nya?


BAB II

PEMBAHASAN

SEJARAH SINGKAT PERUSAHAAN PT WINGS FOOD

Wings corporation didirikan pada tahun 1948 di Surabaya, Indonesia. Selama lima puluh terakhir perusahaan ini telah berkembang dari sebuah industri rumah kecil menjadi pemimpin pasar yang memperkerjakan ribuan orang dengan pabrik berlokasi di Jakarta dan Surabaya.
Tujuan dari Wings Corporation adalah memproduksi produk-produk kualitas Internasional dengan harga ekonomis. Produksi pertama adalah dengan pembuatan sabun cuci hijau buatan tangan. Dengan produk ini, Wings berhasil menembus pasar kompetitif pada akhir tahun 1940-an.
Setelah itu Wings memperkenalkan produk baru yaitu krim deterjen dan produk pembersih lainnya dan saluran distribusi yang didirikan di seluruh Indonesia. Beberapa dekade berikutnya melihat Wings terus memperluas lini produk untuk berbagai rumah tangga dan produk perawatan pribadi.
Wings juga memperluas jaringan distribusi selama periode ini, ke titik di mana produk yang tersedia di hampir setiap kota dan desa di setiap provinsi negara itu, situasi yang ada sampai hari ini. Wings saat ini memproduksi dan menjual ratusan SKU rumah tangga dan produk perawatan pribadi, dan baru-baru memperluas lini produknya termasuk minuman dan mie instan.
Hari ini, Wings diakui sebagai produsen lokal terkemuka dan distributor rumah tangga dan produk perawatan pribadi. Menjadi sebuah kelompok bisnis yang dinamis dan beragam, Wings masih didedikasikan untuk visi awal perusahaan konsumen dengan menyediakan rumah tangga dan produk perawatan pribadi kualitas tanpa kompromi.

PERKEMBANGAN PERUSAHAAN

Agar bisa menjadi pemain global, Grup Wings harus terus meluaskan pasarnya ke negara yang penduduknya banyak seperti Amerika Latin, India dan Cina. Juga, membangun merek dan tim pemasaran yang hebat di luar negeri. 
Di industri toiletris Tanah Air, ada tiga pemain besar yang merangsek dan menguasai pasar: Unilever, Procter & Gamble (P&G), dan Wings. Pemain yang disebut pertama dan kedua adalah perusahaan multinasional. Pemain ketiga adalah pemain lokal yang mampu bertengger di puncak dan menandingi raksasa toiletris dunia. Dengan bendera PT Sayap Mas Utama, PT Wings Surya dan PT Lioninda Jaya, puluhan produk keluaran kelompok usaha yang bermarkas di Kota Buaya ini, sudah sangat familier di tengah masyarakat. Sebut saja detergen Wings, Giv, Nuvo, Ciptadent, Kodomo, Mama Lemon, So Klin, Daia, Smile Up, dan masih banyak lagi produk toiletris lainnya.
Hampir semua produk toiletris Wings menempel ketat produk sejenis milik raksasa Unilever. Sekadar menyebut contoh: Nuvo dengan Lifebuoy, So Klin dengan Rinso, So Klin Pewangi dengan Molto, Sunlight dengan Mama Lemon. Di mata Handito Joewono, Chief Strategy Consultant Arrbey, produk toiletris Wings memang terbukti memiliki posisi yang cukup kuat di pasar. Wings cukup mampu menghadapi pemain asing seperti Unilever. “Menjadi nomor satu atau dua,” ungkapnya.
Kedigdayaan Wings tak hanya di ranah toiletris yang mampu membuat raksasa toiletris dunia Unilever ketar-ketir. Di industri makanan pun, raksasa Indofood dibuat kalang kabut dengan kehadiran Mie Sedaap yang diluncurkan Wings pada April 2003. Hanya dalam tempo setahun, Mie Sedaap berhasil “mencuri” 12% pangsa pasar Indofood. Meski tidak ada data angka, pertumbuhan Mie Sedaap terus melejit. Hal ini terlihat dari penambahan mesin dan kapasitas produksi di dua pabrik Gresik dan Bekasi. Tak pelak, Indofood yang selama ini melenggang sendirian tertohok dan secara agresif langsung meluncurkan tiga merek tandingan: Mie Sayaaap, Sarimi dan SuperMi Sedaaap. Selain merangsek pasar dengan Mie Sedaap, Grup Wings juga membombardir pasar dengan produk minuman Jas-Jus dan Ale-Ale. Kedua produk ini terlihat cukup mengkilap di pasar.
Tak hanya berjaya di bisnis toiletris dan makanan. Kelompok usaha yang dibangun oleh duet Johanes Ferdinand Katuari dan Harjo Sutanto pada 1948 ini telah menggurita ke berbagai sektor. Kelapa sawit, perbankan, bahan bangunan, kimia, dan properti pun dirambahnya. Di bisnis properti, Grup Wings memiliki sejumlah proyek perumahan prestisius, sebut saja Raffles Hill di Cibubur yang diambil alih dari PT Gunung Subur Sentosa karena kesulitan likuiditas saat krismon 1998. Di Surabaya, Grup Wings membangun perumahan Nirwana Executive, Palem Indah, dan Palem Indah Permai.
Properti ritel komersial juga dilirik. Bergandengan dengan raksasa rokok Grup Djarum, mereka membesut Pulau Gadung Trade Center lewat bendera PT Nagaraja Lestari. Tak hanya di proyek tersebut kolaborasi dua raksasa itu, kabarnya di proyek Superblok Grand Indonesia Jakarta pun, Grup Wings punya andil cukup besar. Boleh jadi kolaborasi ini dipicu karena mereka menjalin hubungan besan. Masih di bisnis properti, Grup Wings juga mengibarkan Apartemen Patra Maisonette di Jakarta.
Di bisnis bahan bangunan, Grup Wings mengembangkan keramik lantai dengan merek Milan (Milan Ceramics) sejak tahun 1989. Selain memproduksi Milan, di bawah PT Adyabuana Persada juga mengembangkan merek Hercules. Selain itu, bergandengan dengan Siam Cement (Thailand) sejak 1997 Grup Wings masuk ke bisnis papan gipsum dan plester gipsum. Menggunakan bendera PT Siam-Indo Gypsum Industry, merek yang dikembangkan adalah Elephant. Masih bermitra dengan Siam Cement, lewat PT Siam-Indo Concrete Product, Wings memproduksi bahan semen fiber untuk pengatapan. Selain itu, Wings pun merambah bisnis genteng keramik clay dengan merek M-Class.
Di sektor keuangan, Grup Wings masuk ke bisnis sekuritas dengan mengakuisisi PT UOB Kay Hian Securities pada 1994. Tahun 2001, Wings kembali mengibarkan perusahaan sekuritas dengan bendera Ekokapital Sekuritas. Di sektor keuangan, Wings juga mengibarkan Bank Ekonomi. Tahun lalu, 98,96% saham Bank Ekonomi dijual ke HSBC dengan nilai sekitar Rp 7 triliun.
Dengan gurita bisnis tersebut, diperkirakan total kekayaan Grup Wings mencapai Rp 13 triliun. Dan, sejak 2006, keluarga Katuari sudah masuk 10 besar pengusaha terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Menurut Handito, meski masuk ke berbagai ranah bisnis, Grup Wings masih akan fokus pada dua bisnis utamanya: toiletris dan makanan.“Mereka memiliki komitmen yang sangat besar dalam membesarkan kedua bisnis tersebut. Dan hasilnya cukup terlihat, di mana Wings cukup mampu menghadapi pemain-pemain asing seperti Unilever,” Handito menegaskan. Menurut Handito, penting bagi Grup Wings terus memperhatikan dua pilar yang telah melambungkan perusahaan yang berawal dari home industry menjadi raksasa bisnis ini. Grup Wings tidak boleh kehilangan konsentrasinya dalam mengembangkan dua pilar bisnis yang memiliki banyak ragam jenisproduk. “Bagaimanapun Wings adalah salah satu raja toiletris dan calon raja makanan,” ungkapnya.
Dalam pengamatannya, saat ini posisi produk makanan Wings memang belum sebesar produk toiletrisnya. Bukan berarti, Wings tidak mampu membesarkan usaha makanannya itu. Ia melihat dalam lima tahun terakhir ini Wings memang terlihat berusaha membesarkan usaha makanannya hingga mampu menjadi ancaman bagi para pesaing yang telah ada sebelumnya. Lihat saja gebrakannya lewat Mie Sedaap yang membuat Indofood kebakaran jenggot karena pangsa pasar Indomie tergerus.
Senada Handito, pengamat pemasaran Yadi Budhisetiawan dari ForceOne juga menilai keunggulan Grup Wings memang pada bisnis fast moving consumer goods (FMCG) yang menjadi bisnis inti Grup Wings. Ia menilai pertumbuhan grup ini sangat fenomenal. “Pertumbuhannya bisa sampai 20% per tahun. Itu sangat fenomenal karena jika dihitung inflasi saja 6%, bisa tiga kali lipat dari inflasi,” ujarnya.
Ia melihat ada tiga faktor yang melatarbelakangi kesuksesan di bidang ini. Pertama, Wings menghasilkan produk yang terjangkau masyarakat luas. Kedua, kuat dalam jaringan distribusi sehingga ketika meluncurkan produk baru lebih mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan dalam. Ketiga, menguasai industri oleochemical sehingga industri toiletris bisa dikuasai.
Kekuatan Grup Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya. Wings memang sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam mengarap industri. Pola ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu menguasai industri hulu sebelum menggarap hilirnya. Nah, di industri hulu yang menjadi kekuatannya, Grup Wings menjadi produsen alkylbenzene – bahan baku utama detergen – terbesar di Asia Pasifik lewat PT Unggul Indah Cahaya. Dengan kapasitas terpasang lebih dari 200 ribu metrik ton per tahun, perusahaan ini memasok Wings dan sejumlah produsen lokal, serta melempar ke negara ASEAN, Eropa, Amerika Serikat dan Australia.
Masih di industri hulu, Grup Wings bergandengan dengan Grup Djarum dan Grup Lautan Luas membeli Ecogreen Oleochemical dari Grup Salim. Ecogreen adalah produsenoleochemical terbesar di dunia dengan kapasitas produksi lebih dari 100 ribu metrik ton per tahun. Oleochemical adalah bahan baku industri perawatan tubuh, sabun, detergen, makanan, plastik, farmasi, dan berbagai industri lain. Produksi Ecogreen, 95% diekspor dengan pasar utama negara Asia (50%) seperti Jepang, Cina dan Korea; Eropa (20%); dan AS (20%).
Sejatinya, tak hanya produk Ecogreen yang diekspor. Produk toiletris dan makanan juga mendapat respons cukup bagus di pasar mancanegara. Menurut pengamatan Yadi, produk toiletris Grup Wings sampai ke pasar Afrika. Ia mengatakan, untuk pasar global memang Grup Wings belum bisa disejajarkan dengan pemain seperti Unilever karena masih tumbuh di pasar negara developing dan underdeveloping. Namun, untuk masuk ke pasar negara berkembang ini upaya Wings dengan penetrasi produk detergennya cukup brilian karena masuk dengan ukuran kecil, ½ kg dan 1 kg. Bandingkan dengan produsen asal AS atau Eropa yang mengemas produk detergennya berukuran 3-5 kg.
Untuk bisa menjadi pemain global dan bisa disejajarkan dengan perusahaan sekelas Unilever, Yadi menyarankan agar Grup Wings terus meluaskan pasarnya ke negara berkembang yang jumlah penduduknya banyak seperti Amerika latin, India, termasuk ke Cina. Sementara Handito menyarankan agar Grup Wings membangun merek dan tim pemasaran di luar negeri untuk lebih bisa menggarap pasar luar. Ia menandaskan, jaringan distribusi ke luar negeri perlu diperkuat. “Saya harapkan Grup Wings bisa jadi seperti P&G-nya Indonesia,” katanya.
Menurut A.B. Susanto, Managing Partner The Jakarta Consultant Group, kelompok usaha yang sekarang dimotori generasi kedua Katuari ini sudah menunjukkan eksistensinya di pasar regional. “Beberapa produknya diekspor ke beberapa negara,” imbuhnya. Untuk menjadi pemain global, menurutnya, harus mempunyai visi yang diikuti dengan perencanaan strategi perusahaan yang bagus. Dari rekam jejak perjalanan Grup Wings, kelompok usaha ini dijalankan dengan visi dan konsep yang jelas.
Menurut Yadi, Grup Wings yang tumbuh dari bisnis keluarga ini unik sekali karena melibatkan semua keluarga, sampai om, tante, dan keponakan pun dilibatkan. “Mereka bisa kompak bekerja menumbuhkan perusahaan,” katanya. Berbagai kalangan memang menilai meski perusahaan keluarga, Wings sangat solid. Meski menguasai kepemilikan, di beberapa perusahaan keluarga Katuari tak selalu menjadi pucuk pimpinan. Sejauh ini Handito menilai, keluarga Katuari men-treat bisnisnya dengan profesional. Mereka juga banyak menggunakan tenaga profesional di perusahaan. “Dan hasilnya terlihat dari pencapaian mereka sejauh ini,” ujarnya.


STUKTUR ORGANISASI PERUSAHAAN

            Yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah suatu susunan dengan hubungan antar bagian dalam organisasi maka para karyawan dapat mengetahui dengan jelas tugas, wewenang, dan tanggung jawab mereka sehingga dapat terjalin kerjasama yang efektif dan efisien untuk mencapai tugas perusahaan.
Keterangan di bawah ini merupakan tugas dari struktur organisasi Wings :
1. Pemasaran dan sales penjualan
    a.Mengidentifikasikan target pasar dan pesaing potensial, mengidentifikasikan kebutuhan pelanggan.
      b. Pengembangan produk terintegrasi strategis untuk setiap merek dan menciptakan identifikasi merek.
      c.Menganalisis tren pasar dan menyiapkan srategi pemasaran yang tepat untuk target pasar, menjual produk Wings.
    d.Mampu mengembangkan dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan, membantu pelanggan dalan pemasaran produk.
        e  Mengidentifikasaikan peluang usaha dan berkomunikasi kepada pelanggan.
    f   Mengembangkan kerjasama dengan pelanggan sehingga dapat memperluas bisnis dan menghasilkan keuntungan maksimal baik kepada pelanggan dan perusahaan.

2. Produksi dan Enginering
Untuk bertanggung jawab dalam menjaga proses produksi untuk mencapai target produksi dengan tetap berkonsentrasi pada kualitas barang, peralatan, pemeliharaan, dan efesiensi penggunaan bahan baku.

3. Finance dan Accounting
a         Harus mengerti administrasi, akuntansi dan konsep-konsep keuangan
b        Pengorganisasian AP & AR Pemantauan arus kas dan pengoptimalkan keuntungan jangka panjang
c         Menganalisis data akuntansi, mengidentifikasi masalah dan merencanakan perbaikan sistem
d        Bekerja sama dengan penjualan, pemasaran dan logistik Departemen, serta departemen lain

4. Logistik
a         Melibatkan Purchasing, Supply Chain Management, dan distribusi departemen
b         Memahami pembelian dan memilih mengevaluasi pemasok, memelihara hubungan dengan pemasok sehingga dapat meningkatkan kelancaran dan efisiensi perusahaan
c         Pemahaman yyang jelas tentang konsep manajemen lantai suplay dan teknik, mampu berfikir strategis dan taktis
d        Tingkat tinggi pemecahan masalah keterampilan dan kemampuan komunikasi

5. Teknologi Informasi             
a         Mampu memiliki TI yang baik
b        Mampu tur jaringan dan berurusan dengan masalah yang timbul dilapangan
c         Harus mengatur perangkat keras, memiliki pengetahuan tentang pemprograman yang solid dan analisis sistem yang mampu memberikan solusi untuk masalah
d        Mampu mengembangkan dan memelihara komunikasi canggih dan sistem informasi juga mampu bekerja dengan departemen lain

6. Sumber Daya Manusia
a         Berkomitmen utuk pengembangan sumber daya manusia dan organisasi sehingga dapat meningkan efisiensi dan produktivitas bisnis dan nilai terus meningkat baik untuk perusahaan dan karyawan
b        Harus memiliki pemahaman mendalam dan penguasaan sumber daya manusia, rekrutmen dan pelatihan strategi, serta kompensasi dan tunjangan

7. Riset dan Pengembangan
a         Harus memiliki latar belakang yang solid dan penguasaan kimia dan penelitiaan
b        Mampu mengembangkan produk yang ada sesuai dengan tren pasar
c         Bertanggung jawab untuk memilih dan menerapkan standar penerimaan bahan baku dan perencanaan proses yang efisien mampu memproduksi barang berkualitas tinggi
d        Mampu merancang kemasan yang tepat sesuai dengan fungsi
e         Berkolaborasi dengan pemasaran, produksi, logistik, dan departemen lainnya
           

PRODUK-PRODUK PERUSAHAAN
            Sampai saat ini Wings telah memproduksi dan memasarkan lebih dari 40 produk. Dalam memasarkan produk-produk, perusahaan membagi dalam tiga divisi yaitu :
  1. Produk rumah tangga antara lain Wings biru, Ekonomi, Daia, So klin power, Boom, So Klin Softener, So Klin Lantai Cleaner, Wings Porcelin Cleaner, Mama Lime, dan lain-lain.
  2. Personal Care antara lain Ciptadent, Kodomo, dan Smile Up, Give, Nuvo, Page One, Emeron, Page One Botanical Shampo, Hers dan lain-lain
  3. Makanan dan Minuman antara lain Jas-Jus, Segar Dingin, Mie Sedaap, Kecap Sedaap dan lain-lain

STRATEGI PEMASARAN DAN PENGENDALIAN MUTU
Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain, intinya, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan,nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan, pasar dan pemasar. Tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran. Strategi pemasaran adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran adalah :
1. Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2. Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya. Sedangkan strategi dan kiat pemasaran dari sudut pendangan penjual (4 P) adalah tempat yang strategis (place), produk yang bermutu (product), harga yang kompetitif (price) dan promosi yang gencar (promotion). Sedangkan dari sudut pandang pelanggan (4 C) adalah kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs and wants), biaya pelanggan (cost to the customer), kenyamanan (convenience) dan komunikasi (comunication). Tujuan akhir dan konsep, kiat dan strategi pemasaran adalah kepuasan pelanggan sepenuhnya (“total Customer Statisfaction”)

a.KonsepPemasaran
  1. .Kebutuhan,Keinginan dan PermintaanAda perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia. keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan.
  1. Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya.
  2. Nilai,BiayadanKepuasan
    Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi.
  3. Pertukaran, Transaksi dan Hubungan

Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan. Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor, penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis dan sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk, pelayanan dan harga yang wajarsecarakesinambungan.
  1. Pasar
    Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
  2. Pemasaran dan Pemasar

Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasar adalah orang yang mencari sumberdaya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu.  Konsep Pemasaran Berwawasan Produk
Pelanggan akan memilih produk yang menawarkan mutu, kinerja terbaik dan inovatif dalam hal ini memuaskan perhatian untuk membuat produk yang lebih baik dan terus menyempurnakannya.
A Konsep Pemasaran Berwawasan Menjual
Pelanggan dibiarkan saja, pelanggan tidak akan membeli produk industri dalam jumlah cukup sehingga harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini beranggapan bahwa pelanggan enggan membeli dan harus didorong supaya membeli.
Konsep Pemasaran Berwawasan Pemasaran
Kunci untuk mencapai tujuan industri terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada saingannya. Konsep berwawasan pemasaran bersandar pada empat pilar utama, yaitu
1.pasar sasaran,
2. kebutuhan pelanggan,
3. pemasaran yang terkoordinir serta
4. Keuntungan.
Konsep ini telah dinyatakan dalam banyak cara :
• Memenuhi kebutuhan dengan menguntungkan
• Temukan keinginan dan penuhilah
• Cintailah pelanggan bukan produknya
• Dapatkanlah sesuai kesukaan anda
• Berusaha sekuat tenaga memberikan nilai, mutu dan kepuasan tertinggi bagi uang pelanggan.
Konsep Pemasaran Berwawasan Bermasyarakat
Konsep ini beranggapan bahwa tugas industri adalah menentukan kebutuhkan, keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien daripada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan pelanggan dan masyarakat. Konsep pemasaran bermasyarakat meminta pemasar untuk menyeimbangkan tiga faktor dalam menentukan kebijaksanaan pemasaran, yaitu
1. keuntungan industri jangka pendek,
2. kepuasan pelanggan jangka panjang dan
3. kepentingan umum dalam pengambilan keputusan.

Kepuasan Pelanggan Sepenuhnya (Total Customer Satisfaction)
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Jadi tingkat kepuasan adalah fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.

Kepuasan pelanggan sepenuhnya dapat dibedakan pada tiga taraf, yaitu:
1. Memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar pelanggan,
2. Memenuhi harapan pelanggan dengan cara yang dapat membuat mereka akan kembali lagi.
3. Melakukan lebih daripada apa yang diharapkan pelanggan.
Dari ketiga taraf diatas, keberhasilan dapat dicapai apabila sudah mencapai ketaraf 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Setiap orang di Industri mempunyai pelanggan yang harus dipuaskannya. Ini yang pertama-tama harus disadari setiap karyawan. Langkah pertama dalam usaha memuaskan pelanggan adalah menentukan dan mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan.




SDM/CARA PENGREKRUTAN KARYAWAN
Formulir Aplikasi
Semua aplikasi harus melalui bagian aplikasi di website Wings. Beberapa poin yang harus dipertimbangkan antara lain:
Test Aptitude Online
Jika aplikasi Anda berhasil Anda akan diminta untuk menyelesaikan test Aptitude untuk bisa melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya.
Alokasikan 1 jam bagi Anda untuk menyelesaikan tes tersebut.
Assessmen oleh Manager Fungsional
Jika Anda berhasil melewati Aptitude test, Anda akan diundang ke kantor kami untuk di evaluasi secara langsung oleh Manajer Fungsional kami.
Assessment Center
Ini merupakan langkah akhir dari evaluasi , dilaksanakan pada bulan Juni 2012.
Satu hari kegiatan ini akan termasuk :
  • Diskusi kelompok
  • Presentasi
  • Wawancara mendalam
Beberapa dari kegiatan ini didesain sesuai dengan studi kasus bisnis terkait yang memungkinkan kami melihat potensi Anda sekaligus memberikan gambaran bagaimana bekerja di Wings.
Meskipun studi kasusnya terkait dengan isu bisnis, namun Anda tidak harus memiliki pengetahun bisnis yang komprehensif untuk bisa menyelesaikannya, Anda harus bisa menggunakan kemampuan berfikir secara logis dan lateral, gunakan pengalaman Anda dan kemampuan interpersonal.




Penawaran
Pengumuman hasil dari proses tersebut 24 jam sejak proses assessment Anda.
Jika Anda berhasil, anda akan ditawarkan untuk menempati salah satu posisi di fungsi
KESIMPULAN
Berdasarkan artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dan pengendalian mutu Wings Group telah sesuai dengan prosedur yang ada dan dapat dikatakan sukses, karena pertama Wings menghasilkan produk yang terjangkau masyarakat luas. Kedua, kuat dalam jaringan distribusisehingga ketika meluncurkan produk baru lebih mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan dalam. Ketiga, menguasai industri oleochemical sehingga industri toiletris bisa dikuasai.
Kekuatan Grup Wings di bisnis toiletris karena menguasai juga bisnis hulunya. Wings memang sangat visioner dan mempunyai konsep yang jelas dalam menggarap industri. Pola ekspansi Grup Wings biasanya dengan lebih dulu menguasai industri hulu sebelum menggarap hilirnya. Di industri hulu yang menjadi kekuatannya, Grup Wings menjadi produsen alkylbenzene – bahan baku utama detergen – terbesar di Asia Pasifik lewat PT Unggul Indah Cahaya. Dengan kapasitas terpasang lebih dari 200 ribu metrik ton per tahun, perusahaan ini memasok Wings dan sejumlah produsen lokal, serta melempar ke negara ASEAN, Eropa, Amerika Serikat dan Australia. Untuk menjadi pemain global, Wings Group harus mempunyai visi yang diikuti dengan perencanaan strategi perusahaan yang bagus. Dari rekam jejak perjalanan Grup Wings, kelompok usaha ini dijalankan dengan visi dan konsep yang jelas.



















PRODUK-PRODUK PT WINGS.CO

PRODUK RUMAH TANGGA

CLING GLASS CLEANER
http://www.sukamart.com/media/catalog/product/cache/1/image/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/c/l/cling_glass_cleaner_lemon_425_ml-_front.jpg
Cairan pembersih kaca yang mengandung Spt Prevention Formula (SPF) yang melindungi permukaan kaca dari jamur/spot. Hadir dengan 3 kesegaran :
1.      Apel
2.      Lemon
3.      Udara Segar

So Klin Pembersih Lantai
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/logo/main3.png

Cairan Pembersih lantai dengan formula yang mampu membunuh kuman dan wangi Aroma Therapy. Lantai jadi lebih berkilau, bebas dari bakteri, dan ruangan pun jadi wangi menyenangkan.
Hadir dengan 6 varian :
1.      Relaxing - Rose Bouquet
2.      Relaxing - Floral lavender
3.      Energizing - Citrus lemon
4.      Energizing - Fruity Apple
5.      Refreshing - Ice Pine
6.      Refreshing - Marine Min

SUPERSOL

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main78.png

Karbol kental dengan aroma pine yang menyegarkan, harga yang ekonomis, dan mempunyai daya kerja ampuh untuk membersihkan serta membunuh kuman pada lantai dan kamar mandi. Dapat pula dipakai untuk menghilangkan bau kamar mandi, WC, got atau bak sampah dll.  Terdiri dari 2 variants : 
1.      Regular - Pine
2.      Lemont Mint

WPC Porcelain Cleaner

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main2.png

Berfungsi untuk menghilangkan noda permukaan porselen, keramik, mosaik, atau sejenisnya tanpa merusak warna/ motif pada permukaan-nya. Kegunaan lainnya adalah untuk membersihkan dapur, lantai, dinding kamar mandi atau hiasan keramik dari endapan kotoran yang mengerak atau suram akibat kandungan Kalsium, Magnesium &


Besi yang tinggi dalam air. Hadir dengan 2 varian :
1.      Extra Kuat - untuk noda membandel
2.      Extra Fresh - untuk pemelihaan sehari-hari


WPC Pembersih Toilet

 

http://grein-oz.com/yahoo_site_admin/assets/images/iklan_wpc_pembersih_porselen_1.27290600.jpg

 

WPC Pembersih Toilet berfungsi untuk membersihkan kerak, lumut dan noda air di dalam kloset, bisa digunakan untuk WC duduk dan jongkok.

So Klin Fresly

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main5.png

Fabric Odor Absorber / penghilang bau tidak sedap pada semua bahan kain, sekaligus membunuh kuman penyebab kembalinya bau. Dengan Formula Plasma Cluster yang bekerja aktif menyerap bau tidak sedap sehingga pakaian maupun kain selalu segar dan wangi. Tersedia dalam wangi Powdery yang ringan, bisa di gunakan juga untuk menghilangkan bau tak sedap pada ruangan.
·         Dengan Plasma Cluster efektif Menghilangkan Bau pada bahan / kain dan pada ruangan berbeda dengan pengharum ruangan yg hanya menutupi bau dgn perfume.
·         Keharuman yang lembut dan ringan namun tetap menyegarkan



WINGS

Cream detergent untuk segala jenis noda/ kotoran. Terdapat 2 varian :

http://klik-mart.com/340-331-large/wings-cream-detergent-2-kg.jpg

1.      Wings Biru - MULTI PURPOSE untuk segala jenis noda. Parfum bunga. 
http://www.unoclean.com/Janitorial-Supplies/Premeasured-Cleaning-Products/Water-Flakes-Portion-Controlled/Stearns-Water-Flakes-ST-813-White-Wings-Ultra-Laundry-Detergent-2-50-x-1-2-wt-oz-Pails.jpg

2.      Wings Putih - dengan White Molecule membersihkan noda pada kain dan membuat yang putih menjadi lebih putih dan bersinar. Parfum fresh floral. 

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main14.png
Ekonomi

Ekonomi is pioneer brand for excellent quality cream detergent. It can clean and remove any kind of stains. Terdapat 3 varian :

1.      Regular - dengan Spot Removing Active ampuh menghilangkan noda pada pakaian. Parfum Bunga.
2.      Lemon - dengan Oil removing Active yang ampuh menghilangkan noda minyak pada perabotan dapur dan perabotan rumah. Parfum Lemon.
3.      Putih - dengan Bright Active yang membuat pakaian/ kain putih tetap cerah dan cemerlang. Parfum Fresh.

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/export/daia%20pd%20kf.png

DAIA
Deterjen bubuk dengan busa melimpah yang ampuh membersihkan noda, memberikan sensasi wangi di pakaian, dan lembut di tangan. Terdapat 3 varian :
1.      Daia Putih - membuat pakaian putih tetap putih dan pakaian berwarna tetap cemerlang. Parfum Fresh.
2.      Daia Bunga - Parfum Floral/ Bunga
3.      Daia Lemon - Pafum Lemon

Daia + Softener - membersihkan dan sekaligus melembutkan pakaian. Solusi praktis dan ekonomis dari Daia. 

 

So Klin Smart

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main20.png

Powder detergent premium dengan bahan active tertinggi yang mampu membersihkan segala macam noda/ kotoran. Mengandung Anti-bacterial Agent yang membunuh 99% bakteri sehingga cucian tidak apek. Terdapat 2 varian :
1.      Smart Color - dengan "Active Color Booster", diutamakan untuk pakaian berwarna. Smart color membantu menjaga warna tetap cemerlang dan tidak pudar. 
2.      Smart White - dengan "Oxyclean Technology" yang menggunakan bantuan oksigen sehingga proses pencucian dan penghilangan noda/ kotoran dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. 


http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main21.png

So Klin Softergent

SoKlin Softergent mengkombinasikan keampuhan So Klin Detergent dengan kelembutan Softener. Softergent mampu membersihkan noda sekaligus melembutkan kain/pakaian. So Klin Softergent memberikan solusi ekonomis dan praktis. Terdapat 2 varian :
1.      Pink - Soft Floral Fragrance
2.      Blue - Fresh Floral Fruity Fragrance


http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main22.png

So Klin Higinis Putih 

Satu-satunya detergent yang mampu membersihkan segala noda, menjaga warna tetap cemerlang, dan juga MEMBUNUH 99% KUMAN penyebab bau tidak sedap pada pakaian.
So Klin Higinis Putih mengandung :
·         Brightening Agent - menjaga warna tetap cemerlang
·         ANTI KUMAN (TCC & TRICLOSAN) - membunuh 99% kuman
·         White Fresh - membuat pakaian wangi lebih lama

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main23.png

So Klin Pro

 

Heavy duty detergent dengan "MAGNET SERAP NODA" yang mampu membersihkan noda sampai serta terkecil. So Klin pro dengan formula Clean and Care juga merawat serat kain dan melindungi warna tetap cerah. 

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main10.png

So Klin Biomatic

Detergent bubuk khusus mesin cuci yang memberikan "8 perlindungan" dalam 1 sentuhan. 
1.      Enzyme - membersihkan noda ke serat kain
2.      Anti Re-deposition - mengikat kotoran agar tidak menempel kembali
3.      Color Guard - efektif melindungi warna, pakaian tetap cemerlang
4.      Non-Ionic Tenside - tidak menyebabkan iritasi & alergi
5.      Concentrate Formula - mencuci lebih banyak, bahkan di suhu rendah
6.      Low Foam - menjaga mesin cuci anda lebih awet
7.      Bright activator - menjadikan pakaian tampak baru & cerah
Terdapat 2 varian :
1.      Top Load
2.      Front Load

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main.jpg

So Klin Liquid

Produk terbaru dari SO KLIN, detergent dalam bentuk cair. Lebih praktis digunakan, mudah larut dalam air dan lebih mudah menyerap ke serat kain sehingga membersihkan lebih optimal. So Klin Liquid hadir dengan 7 keunggulan :
1.      Concentrate formula - Membersihkan dengan mudah & cepat
2.      Formula anti bakteri - Tidak bau meskipun direndam lama
3.      Cairan mudah meresap ke serat kain
4.      Tidak meninggalkan residu pada pakaian
5.      Wangi tahan lama
6.      Menjaga warna pakaian agar tetap cemerlang
7.      Lembut, tidak panas di tangan
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/logo/keyfacts_12.jpg
So Klin Softener Regular

Berfungsi untuk melembutkan sekaligus mengharumkan pakaian. Dengan PERFUME BOOSTER TECHNOLOGY yaitu butiran ajaib yang mengikat keharuman pada serat kain, So Klin Softener memberika kesegaran yang lebih tahan lama. Hadir dengan 6 kesegaran :
1.      Pink - Cherry Blossom
2.      Blue - Calm Desire
3.      Orange - Happy Sunshine
4.      Violet - Fantasy Flower
5.      Fine - dengan milk Extract untuk sensitive skin (delicate perfume)
6.      Avocado Extract - dengan Dry Comfort & Vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit dan menghasilkan baju yang lebih nyaman dipakai. 
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/export/soklin%201x.png

So Klin Softener 
Sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan, So Klin Softener hadir dengan produk baru yang lebih ramah terhadap lingkungan. So Klin Softener merupakan formula softener konsetrat yang hemat air, menghilangkan busa detergent hanya dengan sekali bilas. "HEMAT TENAGA, HEMAT WAKTU, HEMAT AIR". Dengan MICRO PERFUME & TOUCH ACTIVATED TECHNOLOGY menyebarkan wangi yang berbeda-beda pada setiap sentuhan. hadir dalam 4 varian kesegaran :
1.      Pink - Magic Pink
2.      Blue - Magic Blue
3.      Twilight Blue - Flowery Blue
4.      Twilight Purple - Glamorous Purple
http://www.waytodeal.com/public/images/buy/large/20100414161649_18.png
So Klin Pewangi
Berfungsi mengharumkan, sekaligus melembutkan pakaian. Kadar perfume pada So Klin Pewangi lebih banyak dari pelembutnya, namun tetap cukup melembutkan. Pewangi merupakan produk alternative dari Softener, dengan harga yang lebih ekonomis. Hadir dalam 4 kesegaran : 
1.      PeEnergic Peach
2.      ViExotic Purple
3.      Romantic Pink
4.      Relaxing Blue
5.      http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main19.png

So Klin Pewangi Concentrate - 1x Bilas
Produk ini juga merupakan bentuk peduli So Klin Pewangi terhadap lingkungan, dengan menghadirkan produk yang dapat menghemat konsumsi air. So Klin Pewangi Concentrate - 1x Bilas, merupakan pewangi konsentrat yang hemat air. Cukup 1x Bilas mampu hilangkan busa detergent pada pakaian. Dengan 2x Perfume, memberikan kesegaran yang tahan lebih lama. hadir dalam 2 variant :
1.      Pink - Shocking Pink
2.      Blue - Royal Blu
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main24.png

So Klin Rapika
Produk pelicin pakaian dengan fungsi lengkap. Selain membuat pakaian rapi, melicinkan pakaian, dan tidak menimbulkan bercak pada pakaian, So Klin Rapika mengandung formula anti jamur dan penyegar pakaian yang efektif mencegah timbulnya jamur pada pakaian yang disimpan di lemari. So Klin Rapika jadikan pakaian lebih awet, harum, rapi, dan higienis. Hadir dalam 4 kesegaran :
1.      Sweet Pink
2.      Ocean Fresh
3.      Lovely lavender
4.      Cool Blue
5.      Tropical Dance
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main42.png

So Klin Rapika Biang
Pelicin pakaian konsentrat yang Praktis dan hemat, cukup Rp.500 ( 10 ml dicampur dgn air sampai 100 Ml ) dengan keharuman menawan yang tahan lama hingga 7 hari ; Cool Blue, Lovely lavender, sweet Pink. Tersedia juga kemasan refill siap pakai untuk konsumen yang mencari kepraktisan cukup tuang dalam botol kosong Rapika dan siap di gunakan.dengan Rapika Biang ...Pakaian Rapi dan wangi selalu.
·         Formula konsentrat sehingga lebih hemat dan menjadikan pakaian lebih licin,Rapi  dan wangi tahan lama
·         Membantu melembutkan pakaian hingga keserat kain
·         Memberikan keharuman segar yang tahan lama hingga 7 Hari
·         Membantu menghilangkan kerutan pada kain tanpa di setrika
 http://nadafm.net/wp-content/uploads/2013/07/so-klin-pemutih.jpg
So Klin Pemutih
Produk untuk memutihkan pakaian & membersihkan noda pada pakaian. So Klin Pemutih dapat juga digunakan untuk membunuh kuman dan sekaligus menghilangkan bau tidak sedap pada lantai, kamar mandi dan dapur. Terdapat 3 variant :
1.      Regular
2.      Apel
3.      Lemon









PRODUK PERSONAL CARE

Pasta gigi CIPTADENT

Pasta gigi dengan Hygie-Lite, Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Hygie-Lite menjadikan gigi extra putih, extra bersih. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Dan vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi.
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 35g, 80g, 130g, dan 200g.
 
Dan dua pilihan varian: Cool mint dan Fresh mint

Pasta gigi FLUORDENT

Pasta gigi dengan Fluoride ganda, dan Kalsium, serta Vitamin E memberikan perlindungan yang sempurna terhadap gigi Anda. Fluoride ganda melindungi bagian dalam email gigi dan bagian luar gusi serta akar gigi. Kalsium menguatkan seluruh bagian gigi hingga ke akarnya. Dan vitamin E memperlancar peredaran darah di gusi.
Tersedia dalam berbagai kemasan: tube 30g, 75g, dan 125g.
 
Dan dua pilihan varian: Extra Cool dan Extra Fresh

Pasta gigi SMILE UP




Adalah pasta gigi dalam bentuk gel dengan biogenic formula, Fluoride ganda, White-max, dan mouthwash.
Biogenic:
 
efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut

Fluoride ganda:
 
kombinasi antara Sodium Fluoride (NaF) dan Sodium Monofluorophosphate (MFP), bekerja effektif untuk melindungi bagian dalam email gigi, akar gigi, dan bagian luar gusi.

White-max (Silica):
 
menjadikan gigi extra putih, extra bersih

Mouthwash:
 
penyegar mulut untuk nafas lebih segar.
 

Tersedia dalam dua ukuran: 65g dan 105g
 
Dan tiga variant: Coolmint mouthwash, Freshmint mouthwash, and Strongmint mouthwash





Pasta gigi ZACT





Pasta gigi dengan formula khusus untuk para pecinta rokok (smokers/merah) dan pecinta kopi/teh (stain fighter/hijau). Rokok, kopi, atau pun teh dapat meninggalkan noda pada gigi, yang mengakibatkan gigi berwarna kuning. Tentu saja ini mengganggu penampilan Anda. Formula khusus ZACT akan membantu Anda mengatasi masalah ini. Selain itu ZACT juga mengandung fluoride yang mencegah gigi berlubang. Flavor khususnya memberi Anda nafas segar.
Tersedia dalam kemasan tube 90g

Sikat gigi CIPTADENT
Sikat gigi yang dirancang untuk memberi hasil maksimal. Dengan bulu sikat yang lembut dengan ujung bulu bulat, efektif membersihkan gigi, tidak merusak email gigi, dan aman bagi gusi. Kepala sikat dirancang sesuai dengan kebutuhan Anda. Full Head bagi mereka yang memerlukan kepala sikat yang besar, dan Diamond Head untuk memudahkan pencapaian daerah gigi yang sulit dijangkau. Leher sikat yang melengkung, untuk menjangkau gigi dan gusi paling belakang, dan lentur untuk meredam tekanan pada gigi dan gusi.


Sikat gigi SMILE UP

 





Sikat gigi SMILE UP i yang dirancang khusus untuk mereka yang berjiwa muda. Dengan desain yang atraktif dan dibuat dari bahan-bahan pilihan. 
Penampang bulu sikat ‘Diamond Action’ telah terbukti secara klinis lebih efektif dalam menjangkau sela gigi dan membersihkan plak.
 
Kepala sikat oval pipih mampu menjangkau gigi di bagian mulut terdalam.
 
Leher sikat lentur mengikuti alur gigi.
 
Pegangan terbuat dari bahan khusus anti slip yang memungkinkan sikat dipegang dengan nyaman dan mantap.
Sikat gigi SYSTEMA







Sikat gigi premium dengan bulu khusus yang super lembut, fleksibel, dan meruncing pada ujungnya yang dapat membersihkan gigi lebih efektif, menjangkau lebih dalam ke sela-sela gigi dan kantung gusi, menghilangkan plak, mengurangi karies dan mencegah radang gusi. Sikat gigi terbaik yang pernah ada. 
PERHATIAN: Anda tidak akan mau menggunakan sikat gigi yang lain, bila telah mencoba sikat gigi SYSTEMA


Shampoo KODOMO

Adalah shampoo anak-anak dengan keharuman buah segar. Berbentuk busa yang praktis dan asik, serta tidak pedih di mata. Mengandung pro Vit B5 dan conditioner ringan. Menjadikan rambut tumbuh sehat, lembut, dan indah berkilau. Tersedia dalam kemasan botol 180ml dan refill pouch 180ml, dengan dua keharuman menawan: strawberry dan orange
Sabun mandi KODOMO

Sabun mandi berbentuk busa, praktis, dan membuat anak-anak lebih senang mandi. Mengandung PH balance yang sesuai untuk kulit lembut. Dengan keharuman buah segarnya, menjadikan kulit bersih, lembut, dan harum. Tersedia dalam kemasan botol 180ml dan refill pouch 180ml, dengan dua keharuman menawan: strawberry dan orange
Pasta gigi KODOMO

Adalah pasta gigi yang dibuat khusus untuk anak-anak. Mengandung fluoride* sehingga effektif mencegah kerusakan gigi. Tersedia dalam 4 pilihan rasa yang disukai anak-anak: strawberry, Jeruk, Anggur, dan Fruity Mix. Flavor khas KODOMO akan merangsang anak untuk gemar menggosok gigi sejak dini. Dikemas dalam tube ukuran 50g
*0,8% Sodium Monofluorophosphate
Sikat gigi KODOMO

Didesign khusus untuk anak-anak. Dengan panjang gagang yang disesuaikan, bagian pergelangan yang menarik dengan bahan yang tidak licin, sehingga mantap dan nyaman dipegang. Ujung bulu sikat berbentuk bulat dan lembut, cocok untuk gigi dan gusi anak dalam masa pertumbuhan. Tersedia dalam dua pilihan: reguler soft dan soft zig-zag
EMERON SHAMPO


Triplecare
Emeron shampoo formula baru dengan Triplecare, suatu kombinasi dari Pro Vitamin B5, Ethyl Panthenol, dan Glycine, membuat rambut menjadi lembut, sehat dan indah.

Tersedia dalam 5 (lima) pilihan ukuran yaitu, sachet 6ml, botol 50ml, botol 100ml, botol 200ml, dan botol 300ml. Di mana masing-masing ukuran memiliki 5 (lima) varian:
a. Urang Aring
b. Lida Buaya
c. Sari Mawar
d. Ginseng & Madu
e. Anti Ketombe

Zat aktif:
• Makro mulekul Silikonnya akan melapisi setiap helai rambut, menjadikan rambut halus, bebas rusak, dan mudah diatur

• Betainnya akan mencegah iritasi dan gatal-gatal pada kulit kepala serta membuat rambut menjadi lembut seperti rambut bayi

• Pro-Vitamin B5 yang berfungsi untuk:
o Memperkuat akar rambut
o Mengurangi rambut rontok
o Mencegah rambut patah
o Mengurangi rambut kusut
o Membuat rambut mengembang
o Mencegah kerusakan rambut akibat pemakaian hair dryer

• Ethyl Panthenol yang berfungsi untuk:
o Mencegah kerusakan rambut akiba pemakaian hair dryer
o Menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala
o Menguatkan akar rambut

• Glycine yang berfungsi sebagai:
o Menguatkan helai rambut
o Mengandung Amino Acid yang berfungsi untuk membentuk pelindung rambut

Ekstrak
Di samping ingredient dasar di atas, Emeron shampoo mengandung ekstrak tertentu yang berbeda dari satu varian ke varian yang lain

a. Urang Aring (Hitam)
Menyuburkan dan menghitamkan rambut sehingga tampak indah dan bercahaya

b. Lida Buaya (Hijau)
Melindungi rambut dari sinar ultra violet, melembabkan rambut, dan memberi efek dingin pada rambut
Menyuburkan rambut
Menambah vitalitas dan kekuatan rambut

c. Sari Mawar (Merah)
Memberi efek dingin, melembabkan, dan melembutkan rambut
Memperbaiki tekstur dari rambut yang kering dan rusak

d. Ginseng dan Madu (Kuning)
Ginseng: menguatkan rambut
Madu: menambah elastisitas rambut dan mencegah kerontokan

e. Anti Ketombe (Putih)
Dengan ZPT dan Octopirok mengurangi dan bahkan menghilangkan ketombe

http://www.lionwings.com/id/botanical-bs.jpg
 
PAGE ONE BOTANICAL BODY SHOWER
Sabun Mandi Cair dengan Floral Essence
Variant:
Milky Moisturizing (Purple)
Botanical Milky Moisturizing mengandung 99% bahan alami, diperkaya dengan Milk protein dan essence bunga Fressia membuat anda lebih harum dan percaya diri. Kulit jadi lebih putih, halus dan bercahaya.
Milk Protein memberikan nutrisi pada kulit dan melembabkan kulit kering. Busanya melimpah sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit.

Mild Relaxing (Biru)
Botanical Mild Relaxing mengandung 99% bahan alami, diperkaya dengan Vitamin E dan essence bunga Jasmine membuat anda lebih segar, nyaman dan tenang. Kulit jadi lebih lembut, halus dan harum.
Vitamin E efektif meremajakan, menghaluskan dan melembutkan kulit. Busanya melimpah, sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit.

Deo Energizing (Merah)
Botanical deo Energizing mengandung 99% bahan alami diperkaya dengan Triclosan 0.2% dan essence bunga Rose membuat anda lebih energik dan percaya diri. Kulit jadi lebih bersih, halus, segar dan harum.
Triclosan efektif mencegah bau badan dan membersihkan kotoran secara seksama. Busanya melimpah, sangat lembut dan cocok untuk semua jenis kulit.

http://www.lionwings.com/id/botanical-fc.jpg
PAGE ONE BOTANICAL FACIAL CLEANSER
Pembersih wajah dengan Floral Essence
Variant :
Page One Botanical Facial Cleanser Refreshing
Botanical Refreshing mengandung 99% bahan alami efektif membersihkan debu, kotoran dan minyak yang menempel pada wajah serta mengatur kelembaban kulit wajah. Kulit wajah anda menjadi lebih lembut, halus, bersih dan cantik alami
Vitamin E menjaga keseimbangan kadar minyak juga membantu proses peremajaan pada kulit dan essence bunga Jasmine yang lembut dan menyegarkan kulit wajah.

Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari.

Page One Botanical Facial Cleanser Scrubbing
Botanical Scrubbing mengandung 99% bahan alami dengan butiran-butiran halus (Granula) efektif membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori dan mengangkat sel kulit mati. Kulit wajah anda menjadi lebih bersih dan halus.
Vitamin E menjaga keseimbangan kadar minyak juga membantu proses peremajaan pada kulit dan essence bunga Fressia yang lembut dan menyegarkan kulit wajah.

Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari.

Page One Botanical Facial Cleanser Anti Acne
Botanical Anti Acne mengandung 99% bahan alami dan Triclosan formula anti bacteria dan anti jerawat. Kulit wajah anda menjadi lebih bersih, halus dan bebas jerawat.
Triclosan 0.3% efektif untuk mencegah timbulnya jerawat dan essence bunga Rose yang lembut dan menyegarkan kulit wajah.

Cocok untuk semua jenis kulit dan dapat digunakan setiap hari.

http://www.lionwings.com/id/botanical-s.jpg
PAGE ONE BOTANICAL SHAMPOO
Shampoo with floral essence
Variant:

Page One Botanical Shampoo Volumizing (Purple) untuk rambut berminyak
Botanical Volumizing mengandung 99% bahan alami, diperkaya Pro Vit. B5, UV filters dan essence bunga Fressia dengan PH Balance.
Botanical Volumizing membuat rambut mengembang, membantu mengurangi kerontokan dan melindungi warna rambut dari sengatan sinar matahari. Rambut jadi ringan, kuat dan indah berkilau.

Page One Botanical Shampoo Nourishing (Biru) untuk rambut kering
Botanical Nourishing mengandung 99% bahan alami diperkaya Pro Vit. B5, UV filters dan essence bunga Jasmine dengan PH Balance.
Botanical Nourishing mengembalikan kemilau rambut, mengurangi kekusutan rambut dan melindungi warna rambut dari sengatan sinar matahari. Rambut jadi mudah diatur, lembut, sehat dan bercahaya.

Page One Botanical Shampoo Balancing (Merah) untuk rambut normal
Botanical Balancing mengandung 99% bahan alami, diperkaya Pro Vit B5, UV filters dan essence bunga Rose dengan PH Balance.
Botanical Balancing memberikan nutrisi pada setiap helai rambut, menguatkan akar rambut dan melindungi rambut dari sengatan sinar matahari. Rambut jadi lembut, sehat dan semakin kemilau.
 


http://www.lionwings.com/id/lavenda.jpg
 
LAVENDA LOSION ANTI NYAMUK
Losion anti nyamuk dengan sari bunga Lavender memberikan perlindungan efektif terhadap gigitan nyamuk dan tahan lebih lama. Lembut, harum dan tidak lengket.
Variant:
Lavenda Losion Anti Nyamuk dengan Vitamin E dan Moisturizer
Mengandung:
- Vitamin E untuk mempertahankan keremajaan kulit
- Moisturizer untuk menjaga kelembutan dan kelembaban kulit agar tidak kering.
Lavenda Losion Anti Nyamuk dengan Vitamin E dan Menthol
Mengandung:
- Vitamin E untuk mempertahankan keremajaan kulit
- Menthol agar kulit terasa lebih sejuk.





PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN

Mie Sedaap
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main6.png

Mie Sedaap mie instan yang halus, kenyal dan tegas untuk gigitan, dan memberikan rasa yang lezat dan rasa. Satu-satunya mie yang 22000 bersertifikat ISO. Mie Sedaap diproduksi dan diproses dalam kondisi higienis di bawah pengawasan ketat dari para ahli. Mie Sedaap Goreng Mie dimasak dengan bawang goreng renyah untuk itu rasa gurih. Mie Sedaap Soto rasa dimasak dengan bumbu lengkap, dan rasa segar kapur. Mie Sedaap Ayam khusus terbuat dari kaldu ayam nyata. Mie Sedaap Khusus Curry datang dengan saus kari khusus. Ada 7 varian: Goreng (91 gr), Sambal Goreng (88 gr), Soto (75 gr), Ayam Bawang (70 gr), Kari Ayam (72 gr), Ayam Spesial (69 gr), Kari Spesial (75 gr)

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/MS%20cup%20raditya%20web.JPG
Mie Sedaap CUP
Mi Sedaap adalah salah satu merek mie instan terkemuka . Mi Sedaap telah diterima secara luas karena ground breaking pendekatan selera yang baik dan terkenal dengan mie kenyal dan yang " kriuk kriuk - " crunchyness bawang goreng. Sekarang , Mi Sedaap tersedia dalam kemasan cup untuk melayani gaya hidup yang sibuk dan membawa bersama-sama saat bepergian .
Mi Sedaap Goreng Mie Cup ( 83gr ) - kualitas indah Familiar Mie Sedaap rentang dengan selera yang baik utamanya dan mie kenyal yang melayani Anda mengagumkan kenikmatan makan dengan renyah kriuk kriuk terkenal bawang goreng.
Mi Sedaap Soto Mie Cup ( 77gr ) - Soto sup rasa rasa asal Indonesia dengan rempah-rempah alami dan daun jeruk nipis yang meningkatkan rasa sup dengan mulut segar merasa. Rasa soto juga dilengkapi dengan sayuran dan Bal - Bal daging vegetarian kenyal ( terbuat dari kacang kedelai nutrisinya ) yang melayani Anda asupan makanan seimbang .
Mi Sedaap Mie Baso Piala Khusus ( 72gr ) - Special Baso juga dikenal sebagai bakso , terbuat dari bahan kualitas yang baik & kedelai nutrisinya . Sup bakso dengan mie kenyal melayani terkenal memberi Anda sensasi ganda menyenangkan rasa kenikmatan.
http://grein-oz.com/yahoo_site_admin/assets/images/Kecap_Sedaap.271164800.jpg

Kecap Sedaap
Sedaap kecap manis menggunakan alami, kacang kedelai berkualitas tinggi yang menjalani fermentasi alami dan proses tiga filtrasi, dan dikemas dalam kondisi bersih dan hygenic

Jas Jus
http://202.67.224.139/pdimage/91/s_4007691_jasjus.jpg
JasJus adalah rasa buah minuman bubuk instan yang menawarkan berbagai rasa menarik. Ini berisi aroma buah segar dan kaya akan vitamin C. Hal ini Terkandung dalam kemasan kedap udara untuk menjaga kualitas dan rasa segar. Tersedia dalam 9 rasa:

jeruk
jeruk nipis
melon
Strawbery
mangga
jambu biji
sirsak
Lime-Melon
Orange-Mango

Segar Dingin
http://gd.image-gmkt.com/mi2_s/718/737/423737718.jpg
Segar Dingin adalah suplemen yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengandung 1000mg vitamin C, Madu, Alang-alang, dan Lime Mint Ekstrak. Ini memiliki 1000mg vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi gejala panas seperti sariawan dan bibir pecah-pecah. Lime and Mint Extract yang dapat meredakan sakit tenggorokan, dan Alang-alang yang mengurangi gejala panas

TEA JUS
http://nadafm.net/wp-content/uploads/2013/07/tea-jus.png
Teajus adalah minuman teh bubuk yang memiliki aroma segar dan santai. Dapat disajikan baik panas atau dingin, dan kemasan yang kedap udara untuk menjaga kualitas dan rasa. Tersedia dalam 4 rasa: Lump Gula, Lemon, Apple, Jasmine
Jus susu

Milkjus
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main46.png
adalah susu bubuk minuman yang datang dalam berbagai rasa buah. Ini memiliki susu rasa buah aromatik, butiran yang menjaga kesegaran, dan terkandung dalam kemasan kedap udara untuk menjaga kualitas dan rasa. Tersedia dalam 8 rasa: Chocolate, Strawbery, Melon, Mango, Grape, Green Tea, Moccacino & Cappucino.

Teh Rio

http://b.vimeocdn.com/ts/245/594/245594475_640.jpg

Minuman teh dalam kemasan cup, terbuat dari daun teh pilihan dan gula asli. Sehingga kesegaran teh-nya alami. Mengandung zat polifenol yang kaya anti oksidant yang menangkal radikal bebas.
ALE ALE
http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main9.png
Minuman buah segar dalam kemasan cup. Mengandung 500mg Vitamin C dan 100% gula asli. Hadir dengan 3 rasa :
1.      Jeruk
2.      Strawberry
3.      Apel Fuji

Floridina

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9S-N_GMdbOr-JcEPcYdv4qXSWMhd153nzbNVMsR6Pc6Ry2juF8eoSsh2TlMaxz-z4crD0WPOE0KT_OjIRkLEiaRhsAmEF0NbKx9gLUSWTaA_Ew7CxW7agar-OMuROLNtgh7qxSW0HTemr/s1600/floridina.jpg

Florida Orange menjadi komoditas jeruk dengan tingkat konsumsi terbesar karena kandungan vitamin, nutrisi, dan mineralnya termasuk yang paling lengkap. Selain itu, berkat tumbuh di daerah dengan suhu dan lingkungan paling tepat, maka Florida Orange rasa dan kualitasnya menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Di tempat asalnya—Florida—jeruk ini mempunyai keunikan. Yakni, Florida Orange hanya dipetik saat benar-benar masak di pohon. Sehingga, ketika dipanen, semua kandungan terbaiknya sudah benar-benar maksimal berada dalam setiap buah jeruk. Dan, karena tumbuh pada suhu dingin yang tepat, rasa manis dan segarnya juga lebih maksimal. FLORIDINA, minuman dengan bulir buah utuh dan asli Florida Orange pertama di Indonesia.

Power F
http://i1.ytimg.com/vi/rL9VCbr_DQ0/hqdefault.jpg
POWER F  adalah minuman energi yang dapat menjadi pilihan untuk menjaga stamina dan memaksimalkan tenaga. Dengan kandungan ginseng dalam setiap takaran sajinya, POWER F mampu membuat tubuh makin bertenaga sehingga dapat mengoptimalisasi energi dalam tubuh untuk menghasilkan kekuatan yang maksimal. Selain kandungan ginseng yang dapat meningkatkan kekuatan, POWER F juga dilengkapi dengan kandungan vitamin B3, B 6, B12 dan B 2-5 Phosphat yang berguna bagi tubuh dan berfungsi mengubah zat karbohidrat dalam makanan menjadi energi. 


TOP Coffee

http://www.wingscorp.com/wings_media/images/images/product/main50.png
Perpaduan sempurna kopi Robusta dan Arabica pilihan menghasilkan cita rasa tinggi. Dengan gula asli. Rasa Kopinya mantap. Top Kopi hadir dengan 4 varian :
1.      Kopi Hitam
2.      Kopi Gula 
3.      Kopi Susu
4.      Kopi Mocca














Post a Comment